Asyik! Tol Pertama di Sulut Gratis 2 Minggu

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 30 Sep 2020 14:26 WIB
Tol Manado-Bitung
Ilustrasi Tol Manado-Bitung (Foto: Dok. Jasa Marga)
Jakarta -

Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin. Hari ini, Tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) sudah bisa digunakan dengan gratis sampai 2 minggu ke depan.

Dikutip dari keterangan resmi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengingatkan masyarakat untuk menyediakan uang elektronik ketika hendak menggunalan Jalan Tol ini. Pasalnya, meski masih gratis, pengguna harus melakukan tap yang elektronik ketika memasuki Jalan Tol ini.

"Jangan selfie, dan jangan lupa menggunakan uang elektronik, tidak menggunakan cash. Jalan tol ini selama dua minggu pertama masih digratiskan. Masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini tanpa membayar. Tapi, tetap menggunakan kartu elektronik. Jadi, masyarakat silakan menikmati jalan tol ini. Tapi, tetap berhati-hati dan jaga keselamatan," kata Agus seperti yang dikutip detikcom, Rabu (30/9/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung menjelaskan, Jalan Tol Manado-Bitung ini beroperasi dengan sistem transaksi tertutup. Artinya, tarif tol dikenakan proporsional (sesuai jarak). Maka, pengguna jalan wajib menggunakan satu uang elektronik yang sama dalam satu transaksi.

"Uang elektronik yang digunakan pengguna jalan saat melakukan tap in di GT masuk (entrance) harus sama dengan yang digunakan saat tap out di GT keluar (exit). Saat di gardu masuk, pengguna jalan tol akan memperoleh data asal dan golongan kendaraan sedangkan di gardu keluar pengguna jalan akan melakukan pembayaran tol sesuai asal tujuan dan memperoleh tanda terima," papar George.

Pada tahap pertama ini, Jalan Tol yang dioperasikan ialah Manado hingga Kauditan sepanjang 20 Km.

"Untuk Manado hingga Danowudu, kami akan mengoperasikan pada hari Sabtu ini, pukul 9 pagi," pungkas George.

(dna/dna)