Ditargetkan Selesai 2025, Begini Progres Proyek MRT Jakarta Fase II

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 30 Sep 2020 14:59 WIB
Pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II sudah mulai berjalan. Proyek ini akan menyambung Bundaran HI hingga Kota Tua.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pembangunan moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase II terus dikebut. Kini PT MRT Jakarta sedang fokus untuk menyelesaikan pengerjaan segmen I pada proyek fase II.

Tepatnya pada proyek CP201 yang merupakan pengerjaan jalur kereta sepanjang 2,8 kilometer (km), mulai dari Bundaran HI hingga Harmoni. Proyek ini juga akan menggarap dua stasiun, yaitu stasiun Thamrin dan Monas.

Progresnya baru mencapai 8,15%, setelah proyek dimulai sejak Juni lalu. Sementara itu, proyek ini ditarget selesai Maret 2025.

"Masih on schedule sesuai target semuanya. Progresnya 8,15% ini fresh of the oven hasil opname bulan ini. CP201 nanti menyelesaikan seluruh kegiatan sistem track dan pengoperasian kereta diharapkan segmen I ini selesai Maret 2025," ungkap Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar dalam diskusi virtual bersama wartawan, Rabu (30/9/2020).

William memaparkan beberapa pengerjaan yang sedang dilakukan pihaknya pada proyek CP201, mulai dari relokasi pohon hingga pembongkaran JPO Bank Indonesia (BI).

"Kegiatan yang akan dilakukan mulai dari relokasi pohon, traffic diversion di Thamrin dan pembongkaran JPO," jelas William.

William menjelaskan untuk segmen II pembangunan MRT fase II hingga kini masih belum dilakukan. Pasalnya, hingga kini belum ada kontraktor Jepang yang mau melakukan tender dan ikut menggarap proyek tersebut.

"Jadi memang betul-betul pengaruh COVID ini besar sekali di segmen kedua. Saya ambil contoh CP202 itu dari Harmoni sampai Mangga Besar itu aja kita dua kali gagal tender. Kita sedang konsultasi dengan pemerintah Jepang untuk kiranya mendorong kontraktor Jepang, pasalnya ini mempersyaratkan kontraktornya harus dari Jepang," jelas William.

Segmen II sendiri menghubungkan pembangunan rel kereta dan stasiun dari Harmoni ke Kota. Totalnya ada dua proyek yang ditawarkan.

Pertama CP202 yang menghubungkan Harmoni ke Mangga Besar, dengan pembangunan 3 stasiun mulai dari Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar.

Lalu CP203 yang menghubungkan Mangga Besar ke Kota. Dilalui dua stasiun, yaitu Glodok dan Kota.

"Kita harapkan prosesnya cepat, sehingga segmen II bisa selesai di Maret 2026 dari Harmoni sampai Kota," ungkap William.

(ara/ara)