Kereta Makassar-Parepare Sudah Diuji Coba, Begini Penampakannya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 09 Nov 2020 18:25 WIB
KA Trans Sulawesi
Kereta Trans Sulawesi (Foto: Eduardo Simorangkir)
Jakarta -

Kereta Api Trans Sulawesi sudah mulai diuji coba. Hal ini terlihat dari unggahan juru bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman di Instagram.

Dalam laman media sosialnya itu, dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan uji coba kereta Trans Sulawesi. Uji coba itu dilakukan pada jalur Barru-Palanro sejauh 39 km.

Jalur itu merupakan salah satu bagian dari proyek besar kereta api Makassar - Parepare. Fadjroel mengatakan dalam keterangannya bahwa jalur ini akan tersambung penuh di tahun 2021.

"Uji coba #KeretaApiTransSulawesi jalur Barru-Palanro sejauh 39 km, yang merupakan bagian dari jalur Tahap-1 Makassar-Pare Pare 150 Kilometer, yang Insyaa Allah akan tersambung dan beroperasi thn 2021," tulis Fadjroel dalam keterangan di akun Instagram @fadjroelrachman, dikutip Senin (9/11/2020).

Penampakan kereta itu berwarna dominan kuning, dengan aksen garis-garis berwarna merah, putih, dan biru. Kereta yang diuji coba baru berupa dua bagian lokomotifnya saja.

Diketahui, pembangunan jalur KA Trans Sulawesi Makassar - Parepare memiliki rute sepanjang 142 kilometer. Sepanjang itu, nantinya akan dibangun 16 stasiun.

Proyek ini telah menelan anggaran sebesar Rp 6 triliun. Proyek dimulai sejak tahun 2014 di tahap awal dan telah masuk pada tahap keempat hingga kini.

(dna/dna)