Fakta Lengkap Sirkuit MotoGP Mandalika yang Punya 17 Tikungan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 13 Nov 2020 08:48 WIB
Render Sirkuit MotoGP Mandalika
Render Sirkuit MotoGP Mandalika/Foto: Dok. MGPA
Jakarta -

Dorna Sports telah merilis jadwal sementara MotoGP 2021. Ada 20 slot arena balap dalam jadwal tersebut. Indonesia, melalui sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk dalam reserve grand prix venue dan berstatus subject to homologation.

Untuk memenuhi homologasi sesuai ketentuan Dorna dan juga standardisasi Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) atau Federasi Sepeda Motor Internasional, pembangunan sirkuit di Mandalika terus dilakukan dengan pemantauan rutin dari Dorna sendiri.

Berdasarkan data data yang diperoleh detikcom dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), sirkuit Mandalika akan memiliki 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer (km).

Kemudian, sirkuit MotoGP Mandalika juga akan memiliki 40 garasi di area paddock. Kapasitas tempat duduk di grandstand akan tersedia untuk 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Lalu, hospitality suites akan dibangun dengan kapasitas 7.700 pengunjung.

"Fasilitas sementara sampai tahun 2021 tetap seperti yang tertera," ungkap Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto kepada detikcom, Kamis (12/11/2020).

Berdasarkan data progres konstruksi sirkuit per 7 November 2020 lalu, proses groundwork sudah mencapai 87,5%, dan ground improvement sudah mencapai 97,31%. Namun, masih ada pekerjaan lain seperti membangun tunnel (terowongan). Lalu, progres pengerasan aspal yang lapisannya mencapai 22 cm baru 23,77%.

"Kita progres report per dua minggu sekali," ujar Happy.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

MGPA selaku penyelenggara MotoGP Indonesia di sirkuit Mandalika sudah menekan kontrak untuk 10 tahun, mulai 2021-2031. Kontrak ini berarti penyelenggaraan MotoGP di Indonesia tak hanya sekali, atau hanya di 2021.

Hal itu juga diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu

"Dan kontraknya kan untuk 10 tahun sampai 2031. Jadi sebenarnya lihatnya bukan hanya saat ini. Tapi lihatnya ini upaya kita untuk mempromosikan Mandalika, untuk menciptakan demand-nya," kata Odo kepada detikcom, Sabtu (7/11/2020).

Sejauh ini, pemerintah meyakini MotoGP 2021 di Mandalika akan tetap terlaksana. Pasalnya, menurut Odo semua target konstruksi sirkuit sudah sesuai jadwal. Sehingga, Dorna Sports kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sirkuit Mandalika pada Februari 2021 mendatang.

"Pihak Dorna akan mengecek kesiapan sirkuit pada bulan Februari. Dari situ akan ditentukan kapan tahun depan dilaksanakannya. Yang bisa dipastikan adalah sirkuitnya pasti jadi. Dan 2-3 minggu lalu kita ke sana mengecek, sudah ada perkembangan yang cukup pesat. Awal tahun depan sudah mulai bisa dites. Karena pengaspalannya akan dimulai pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Jadi secara teknis sudah berjalan," pungkas Odo.

(ara/ara)