Basuki Merapat ke DPR Bahas Anggaran 2020

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 13:55 WIB
Komisi V menggelar raker bersama Kementerian PUPR serta Kemendes PDTT. Raker membahas evaluasi anggaran 2019.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Komisi V DPR RI hari ini memanggil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk melakukan rapat kerja (raker). Rapat diagendakan membahas realisasi terkini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Berdasarkan pantauan detikcom, rapat dimulai sekitar pukul 13.10 WIB dan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar, Ridwan Bae.

"Izinkan saya membuka rapat kerja ini. Rapat dengan Menteri PUPR saya nyatakan terbuka untuk umum," kata Ridwan di ruang rapat Komisi V DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Selain itu, rapat diagendakan membahas laporan hasil kunjungan kerja Komisi V DPR RI selama reses ke Kementerian PUPR. Menurutnya, selama kunjungan kerja tidak sedikit ada laporan mengenai pembangunan yang tidak berlanjut karena pembebasan lahan.

"Selama kunjungan kerja reses ini banyak laporan dari warga katanya kegiatan pembangunan yang tidak berlanjut karena masalah pembebasan lahan. Oleh karena itu komisi V DPR RI ingin mengetahui sejauh mana pelaksanaan program-program PUPR sampai November ini," ucapnya.

Untuk itu, Komisi V DPR RI ingin meminta penjelasan dari Kementerian PUPR terkait hasil realisasi pembangunan dan penyerapan APBN 2020. Mengingat dalam masa pandemi seperti ini dibutuhkan adanya percepatan realisasi anggaran untuk pemulihan ekonomi.

"Sebagaimana kita ketahui dampak pandemi COVID menurunnya pertumbuhan ekonomi, menyebabkan pengangguran, meningkatkan kemiskinan, oleh karena itu percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan PUPR sesuai target sangat dibutuhkan untuk saat ini," tandasnya.



Simak Video "Komisi V Minta Pemerintah Perjelas Anggaran Pesantren"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)