Kemenhub Klaim Jalan ke Pelabuhan Patimban Antimacet

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 16:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Tinjau Pelabuhan Patimban
Foto: Dok. Kementerian Perhubungan
Jakarta -

Kementerian Perhubungan mengungkapkan kelebihan Pelabuhan Patimban. Salah satunya adalah akses menuju pelabuhan yang diklaim akan antimacet.

"Nanti akses ke Patimban nggak jauh lah dari industri, sudah tol semua juga. Insyaallah di situ nggak ada macet lah," ujar Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo dalam Dialog Publik Pelabuhan Patimban secara virtual, Senin (16/11/2020).

Agus menyatakan pelabuhan Patimban juga lokasinya sangat strategis dengan sederet kawasan industri unggulan di Jawa Barat, sehingga untuk menjangkau pelabuhan tidak akan terlalu jauh.

"Lokasinya ini di pusat pengembangan industri, jadi sangat lah strategis. Itu di dekat Karawang, Subang, kan industri di sana berkembangnya," ungkap Agus.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya sudah melakukan pembangunan beberapa jalan akses. Misalnya, dari jalan Pantura, akan ada 8,2 km jalan akses ke pelabuhan.

Kemudian, Pelabuhan Patimban juga akan terhubung dengan tol Cipali. Totalnya ada jalan akses 37 km dari tol Cipali.

"Kita pastikan akses ke Patimban juga baik, di mana dari Jalan Raya Pantura kita sudah buatkan jalan akses ke Patimban sepanjang 8,2 km. Lalu, dari tol Cipali akan dibuat jalan akses sepanjang 37 km," kata Budi Karya.

Sementara itu, Agus juga menambahkan, pihaknya pun sedang merencanakan pembuatan trase kereta api menuju pelabuhan.

"Kemudian juga ada rencana trase kereta api selain jalan tol. Rencananya, akan ada jalan kereta sampai dermaga, jalan kereta api juga akan dibangun di dalam pelabuhan," ungkap Agus.



Simak Video "Jelang Dibuka, Pelabuhan Patimban Dicek Menhub Budi Karya"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)