RI Getol Bangun Bendungan, Manfaatnya Apa Saja Pak Basuki?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 14:51 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau salah satu bendungan yang akan selesai tahun ini yakni Bendungan Gondang di Karanganyar, Jawa Tengah
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan sederet manfaat pembangunan bendungan. Dia menyatakan sejak 2015 pemerintah menargetkan 65 bendungan.

Basuki menjelaskan salah satu tujuan membangun bendungan adalah untuk mendukung sektor pertanian. Menurutnya, bendungan bisa mengatur konsumsi air untuk irigasi pertanian.

"Pemerintah canangkan pembangunan bendungan untuk semata-mata dalam rangka dukung ketahanan pangan. Ini dibutuhkan untuk penyediaan air irigasi, agar tepat pada saat tanam, kalau ada bendungan bisa diukur kapan butuhnya, berapa banyaknya," ujar Basuki dalam webinar bersama Kadin Indonesia, Rabu (18/11/2020).

Hingga kini, dia memaparkan 61 bendungan sudah memasuki tahap konstruksi dan ditarget selesai minimal 2024. Lalu, 16 di antaranya sudah selesai dibangun di 2019. Di tahun 2020 ada tambahan 4 bendungan baru.

Di samping itu, dia menjelaskan betapa pentingnya pengairan dilakukan dalam sektor pertanian.

"Ini air adalah komponen penting dalam pertanian. Kalau nggak ada air yang lain akan 0, dari data yang saya dapat komponen air ini mempengaruhi 18% maksimal untuk produksi beras," ungkap Basuki.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "SDA Jadi Fokus PUPR Dalam Pembangunan Infrastruktur 2019-2020 "
[Gambas:Video 20detik]