Seputar Rencana di Pelabuhan Patimban

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 21 Nov 2020 10:30 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat bakal terhubung dengan tol 2 tahun lagi. Pelabuhan ini sendiri ditargetkan siap melayani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020.

Menurut Budi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung penuh Pelabuhan Patimban dengan menyediakan akses jalan.

"Di darat kami berkoordinasi dengan Kementerian PU, juga terima kasih Pak Menteri PU yang sudah mendukung baik secara jangka panjang, (jangka) menengah, 2 tahun lagi itu ada jalan tol," kata Budi dalam sebuah webinar, Jumat (20/11/2020).

Sementara dalam waktu dekat akan diresmikan akses jalan nasional ke Pelabuhan Patimban.

"Dalam waktu dekat ini sudah ada jalan-jalan yang di-improve agar angkutan dari dan ke Patimban ini berjalan dengan baik. Oleh karenanya saya sangat mengapresiasi dengan dukungan terhadap Pelabuhan Patimban ini," paparnya.

Pada kesempatan lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono baru-baru ini mengatakan akses ke Patimban sepanjang 8,2 km siap diresmikan. Jalan ini disebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan operasional Pelabuhan Patimban.

"Patimban ini bukan jalan tol, tapi ini adalah jalan nasional Patimban yang menghubungkan jalan nasional pantura dengan pelabuhan," jelas Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Bakal ada kereta juga yang menghubungkan pelabuhan. Penjelasannya di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3