Pelabuhan Patimban Bakal Dilengkapi Mal hingga Hotel

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 14:49 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan 'jeroan' di kawasan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat (Jabar). Fasilitas yang akan ada di sana tidak hanya mengenai urusan ekspor-impor alias logistik.

Budi menjelaskan nantinya di kawasan pelabuhan akan ada area pelabuhan (port) dan kota (city). Keduanya meliputi pekerjaan, lalu lintas, pelanggan, pengunjung, hiburan, fasilitas, layanan, pekerja.

"Di sana juga kita rencanakan ada kantor, ada hotel dan sebagainya, ini menjadi suatu kekuatan yang baik kalau kita sinergikan, karena apa? Di situ akan ada port pasti kan, industri kan pasti, warehouse kan pasti," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (27/11/2020).

"Tapi nanti juga ada komersial, ada public amenities: hotel, mal, pasar, warung dan tidak lupa pasti banyak rumah," sebutnya.

Dia menjelaskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mendesain kawasan residensial, mengingat dirinya berlatarbelakang sebagai arsitek.

Budi menyebut walaupun nantinya akan ada pengembangan kawasan komersial, pihaknya tidak akan mengabaikan isu-isu lingkungan.

"Tetapi kita tidak lupa yang sebelah kiri itu (pada desain kawasan pelabuhan) tetap hijau. Di ujung adalah hutan bakau yang harus kita pertahankan," tambahnya.

(toy/eds)