Pelabuhan Patimban bakal Punya Kota Mandiri, Dihuni 1 Juta Orang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 17:24 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah berencana membuka kota baru di sekitar Pelabuhan Patimban. Kota ini disebut akan bisa diisi oleh 1 juta orang.

Nantinya kota baru ini akan berada di bawah kawasan industri Rebana besutan Pemprov Jawa Barat. Budi Karya menyatakan penduduk di kota ini akan diusahakan untuk bisa bekerja di pelabuhan.

"Di sana akan ada kota baru di bawah kawasan Rebana, penghuninya 1 juta orang. Dia unik tumbuh karena ada kegiatan pelabuhan dan kami akan memastikan kota itu dapat pekerjaan di pelabuhan," ujar Budi Karya dalam acara simulasi table top exercise Patimban di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Budi Karya mengatakan nantinya akan ada 200 ribu tenaga kerja yang bisa diserap Pelabuhan Patimban. "Di sana paling tidak akan menyerap 200 ribu tenaga kerja, baik yang langsung dan tidak langsung di pelabuhan," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan pemerintah akan membuat sebuah sekolah khusus teknik kelautan dan pelabuhan di kota baru Patimban.

"Kita juga mau bangun sekolah di sana agar di Subang dan Jabar, tenaga kerjanya jadi orang yang cakap di dunia laut dan dunia pelabuhan," ujar Budi Karya.

Selanjutnya
Halaman
1 2