Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban Minggu ke-3 Desember

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Des 2020 17:10 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian Pelabuhan Patimban akan dilakukan menjelang akhir tahun ini. Dia mengatakan soft launching akan dilakukan pada minggu ketiga Desember.

Sayangnya, Budi Karya tak merinci kapan tanggal soft launchingnya. Yang jelas, peresmian Pelabuhan Patimban akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Paling tidak minggu ke tiga akan hadir pak Presiden di acara soft launching. Pak Presiden katakan protokol kesehatan harus dilakukan, tapi pembangunan juga tidak boleh terlambat," ujar Budi Karya kala meninjau Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020).

"Makanya diminta Desember, maka Desember ini kita lakukan," katanya.

Dia menjelaskan di awal peresmian akan ada terminal kendaraan bermotor berkapasitas 218 ribu CBU yang bisa digunakan di Pelabuhan Patimban.

Kemudian ada juga terminal bongkar muat kontainer dengan kapasitas 250 ribu TEUs yang bisa dipakai usai soft launching dilakukan.

"Di awal ini kita akan memiliki kapasitas 218 ribu CBU per tahun dan 250 ribu TEUs untuk kontainer. Di masa mendatang jadi 600 ribu CBU, jadi mayoritas ke sini ekspor, dan lebih dari 7 juta TEUs kontainer," ujar Budi Karya.

Pernyataan Budi Karya pun diamini oleh Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban Anwar. Menurutnya, estimasi waktu peresmian pelabuhan memang akan dilakukan di minggu ke tiga Desember.

"Estimasi waktunya ya memang segitu, kan kita juga nanti koordinasikan ketersediaan waktu pimpinan, Pak Presiden, dan kesediaan kargonya. Jadi makanya kira-kira pertengahan Desember. Dua tiga minggu dari sekarang," ujar Anwar.

(eds/eds)