Kapasitas Kereta Cepat JKT-BDG 601 Orang, Begini Spesifikasinya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 15 Des 2020 15:30 WIB
Seperti ini penampakan terkini pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang berada di kawasan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (19/8/2020).
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terus dikebut, unit keretanya pun akan segera disiapkan. Direktur Utama konsorsium Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan satu rangkaian kereta cepat bisa mengangkut 601 orang.

Chandra juga mengatakan kereta cepat ini bisa mempersingkat waktu perjalanan Jakarta ke Bandung. Dengan kereta cepat waktu tempuhnya hanya 36 menit.

"Jadi untuk keretanya kami menyiapkan satu rangkaian itu ada 601 orang. Kita bisa nikmati dari Jakarta ke Bandung 36 menit," kata Chandra ditemui di lokasi proyek tunnel #1 Halim, Selasa (15/12/2020).

Adapun dari data KCIC, nantinya kereta yang akan digunakan adalah CR400AF pabrikan Sifang Qingdao. Kereta cepat itu memiliki kecepatan 350 km per jam.

Satu trainset alias rangkaian kereta memiliki delapan gerbong. Nantinya, satu rangkaian akan dibagi ke dalam beberapa kelas mulai dari kelas VIP, first class, hingga second class alias kelas ekonomi.

Dari kapasitas 601 orang, akan ada 18 seat alias tempat duduk untuk kelas VIP, kemudian ada 28 seat kelas first class. Lalu untuk kelas second class jumlahnya mencapai 555 seat.

Adapun untuk infrastrukturnya, pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung hingga kini sudah mencapai 64,4%. Hari ini salah satu dari 13 tunnel alias lintasan terowongan bawah tanah baru saja diresmikan.

"Tuntasnya tunnel satu ini membawa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mencapai titik penyelesaian 64,4%. Di lapangan, angka ini merepresentasikan 5 dari 13 tunnel yang ditembus," ujar Chandra.

(fdl/fdl)