Mau Sambung Rel Kereta ke Pelabuhan Patimban, Menhub Colek RK

- detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 19:18 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Subang -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan ada moda kereta api yang terhubung langsung ke Pelabuhan Patimban. Pihaknya saat ini sedang melakukan penyiapan untuk trase jalur keretanya.

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci rencananya tersebut. Yang jelas Budi Karya sudah mendiskusikan hal ini dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kami juga rencana buat jalan kereta api, trasenya sedang disiapkan, insyaallah disetujui pak Gubernur," ujar Budi Karya, di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo juga mengatakan akan ada jalur kereta api yang menghubungkan Pelabuhan Patimban. Nantinya angkutan berbasis rel itu bakal mondar-mandir hingga ke dermaga di pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

"Disiapkan untuk kereta api. Jadi ada jalur kereta api langsung ini nanti akan masuk langsung ke dermaga," kata dia dalam sebuah webinar, Jumat (20/11/2020).

Hingga kini, Pelabuhan Patimban hanya memiliki satu jalan akses. Jalan itu telah selesai dibangun sepanjang 8 km, pintu masuknya terdapat di Jalur Pantura.

Pelabuhan Patimban juga akan tersambung jalan tol. Kembali ke Budi Karya, dia mengatakan jalan tol ini akan dibangun hingga dua tahun ke depan.

"Dua tahun ke depan jalan tol langsung ke Patimban akan dibangun dan insyaallah selesai. Bersamaan dengan itu tahap kedua selesai dan akan lakukan grand launching," kata Budi Karya.



Simak Video "Resmi Beroperasi, Pelabuhan Patimban Langsung Ekspor 140 Unit Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(Herdi Alif Al Hikam/dna)