Sudah Resmi Beroperasi, Apa Saja Fasilitas Pelabuhan Patimban?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 23:01 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Subang -

Pelabuhan Patimban sudah diresmikan dan mulai melakukan operasinya hari ini. Seiring dengan peresmian tersebut, ada 140 mobil yang diekspor ke Brunei Darussalam hari ini dari Patimban.

Meski begitu, konstruksi Pelabuhan Patimban belum semuanya selesai. Yang hari ini diresmikan baru pembangunan tahap satu saja, berupa terminal kendaraan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Patimban Anwarudin menjelaskan untuk terminal kendaraan sudah bisa digunakan.

Spesifikasinya memiliki dermaga sepanjang 300 meter dan luas lapangan penumpukannya 22 hektar. Total kapasitasnya 218 ribu CBU.

"Yang kita bangun dan operasionalkan adalah terminal kendaraan yang sudah selesai. Spesifikasinya memiliki 300 meter panjang dermaga, luas total lapangan penumpukannya 22 hektar," papar Anwarudin saat ditemui di Pelabuhan Patimban, Minggu (20/12/2020).

Pembangunan tahap pertama ini juga akan menggarap fasilitas terminal peti kemas. Anwarudin menjelaskan panjang dermaga fasilitas ini 420 meter dan memiliki lapangan penumpukan 8 hektar.

Totalnya, terminal peti kemas Pelabuhan Patimban tahap I kapasitasnya 250 ribu TEUs. Anwarudin mengatakan akan bisa dipakai secara keseluruhan di pertengahan tahun depan.

"Ada juga terminal kontainer dengan panjang dermaga 420 meter, dan lapangan penumpukannya 8 hektar, targetnya pertengahan tahun depan bisa dipakai keseluruhan," ujar Anwarudin.

Namun, pihaknya akan mulai mengoperasikan sebagian terminal peti kemas itu pada bulan Maret. Dia menjelaskan beberapa fasilitas utama pelabuhan sudah dibuat pada terminal peti kemas Pelabuhan Patimban.

"Sebagian akan diopersionalkan Maret, memang belum full tapi sudah bisa digunakan, fasilitasnya juga sudah lengkap. Ada dermaganya, sudah dipasang fendernya kapalnya sudah bisa bersandar. Tinggal lapangannya saja dirapihkan, nanti dioperasikan belum pakai peralatan yang terlalu besar," papar Anwarudin.

Pembangunan Pelabuhan Patimban memang dibuat bertahap, nantinya hingga 7 tahun ke depan pelabuhan ini akan memiliki kapasitas terminal peti kemas sebesar 7,5 juta TEUs, terminal kendaraan sebesar 600 ribu CBU, dan juga memiliki terminal kapal penumpang Roro dengan panjang dermaga 200 meter.

(dna/dna)