Kang Emil: 30 Tahun Patimban Jadi Kota Pelabuhan Luar Biasa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 21:28 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Foto: Yudha Maulana
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan mengembangkan kawasan Patimban menjadi kota pelabuhan dan industri. Namun hal itu menurutnya butuh waktu yang tidak sedikit.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan pengembangan itu butuh waktu hingga 30 tahun. Usai pelabuhan Patimban diresmikan, pihaknya akan mengembangkan kawasan di sekitarnya menjadi kota maritim dengan jumlah 1 juta penduduk.

Patimban akan menjadi salah satu dari 13 kota industri baru yang terintegrasi dalam kawasan regional Rebana di Jawa Barat.

"Kami bangga Patimban akan menjadi cikal bakal kawasan regional metropilitan Rebana, terdiri dari 13 kota industri baru, kami akan bantu menjadikan kota maritim Patimban, dengan 1 juta penduduk dan 30 tahun akan jadi kota pelabuhan luar biasa," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya pada peresmian Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020).

Dia menyamakan Patimban dengan pengembangan kawasan industri Bekasi. Menurutnya, Bekasi bisa seperti sekarang membutuhkan waktu pengembangan kawasan hingga 30 tahun lamanya.

"Kawasan industri Bekasi misalnya, itu butuh 30 tahun untuk sukses sampai sekarang. Maka hari ini akan jadi cikal bakal untuk Patimban," ujar Kang Emil.

Dia melanjutkan kawasan Pelabuhan Patimban bisa memicu penciptaan 4,3 juta lapangan kerja 15 tahun ke depan. Kawasan ini juga bisa memicu 4% pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

"Kalau Rebana berhasil dengan Patimban, maka ada 4,3 juta 15 tahun ke depan, dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bertambah 4%," jelas Ridwan Kamil.

Pemerintah sendiri baru saja meresmikan dan membuka operasional Pelabuhan Patimban. Hari ini pelabuhan itu sudah melayani ekspor 140 mobil menuju Brunei Darussalam.



Simak Video "Pelabuhan Internasional Patimban Resmi Beroperasi Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)