Daftar Rute Tol Trans Sumatera yang Bisa Dijajal Libur Natal 2020

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 08:55 WIB
Jalan tol pertama di Provinsi Riau yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai sudah rampung dan diresmikan Jokowi. Yuk, lihat lebih dekat penampakannya.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat jalan tol Trans Sumatera sepanjang 648 kilometer (km) siap dilewati pada libur panjang natal dan tahun baru (nataru) 2020-2021. Lihat lagi yuk daftar ruas yang sudah bisa dilewati!

Dalam catatan detikcom, setidaknya sudah ada 9 ruas jalan tol Trans Sumatera yang beroperasi dengan panjang 648 km. Pengoperasian ini termasuk ruas yang dikelola PT Jasa Marga dan PT Waskita Toll Road.

Sementara 643 km masih dalam tahap konstruksi dan sisanya dalam tahap persiapan.

Berikut daftar 9 ruas jalan tol Trans Sumatera yang sudah bisa dipakai:
- Bakauheni-Terbanggi Besar (140,4 km)
- Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189,4 km)
- Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-Jakabring) 29,3 km
- Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,1 km)
- Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7 km)
- Palembang-Indralaya (21,5 km)
- Pekanbaru-Dumai (131,6 km)
- Medan-Binjai (13 km)
- Sigli-Banda Aceh (Seksi 4 Indrapura-Blang Bintang) 13,5 km

Untuk menghadapi libur Nataru, jalan tol Trans Sumatera tersebut dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) berjumlah 41 TIP dengan rincian 25 TIP A, 8 TIP B, dan 8 TIP C.

Adapun sebanyak 12 TIP di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, 9 TIP di ruas Terbanggi-Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, 2 TIP di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, 4 TIP di ruas Palembang-Indralaya, 4 TIP di ruas Medan- Binjai, dan 10 TIP di ruas Pekanbaru-Dumai.

Tidak hanya itu, kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas jalan tol Trans Sumatera yakni, mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik pada GT dengan kepadatan lalu lintas tinggi. Selain itu disiapkan juga 37 Toilet Cabin, 26 unit Mobil Tangki Air, 10 Bis Toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 Hidran Umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional.



Simak Video "Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru Dumai"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)