Konstruksi Tol Cisumdawu Dikebut Kelar Tahun Ini

Yudha Maulana - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 15:32 WIB
Pembangunan jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) fase III terus berlangsung. Sudah sampai mana progres pembangunannya?
Foto: Wisma Putra: Menengok progres pembangunan tol Cisumdawu
Bandung -

Pembangunan fisik tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan rampung pada 2021. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mempercepat pengerjaaan tol tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari membenarkan laporan tersebut, menurutnya saat ini Kementerian PUPR tengah melakukan percepatan, termasuk urusan pembebasan lahan terutama di seksi 6B.

"PUPR menyampaikan di 2021 selesai, ini konstruksinya lagi dikejar," ujar Hery saat dihubungi wartawan, Jumat (15/1/2021).

Jika akses Tol Cisumdawu selesai maka dari sisi kapasitas bisa mengkoneksikan arus barang dan orang dari wilayah Bodebek, Karawang - Purwakarta dan Bandung Raya, ditambah sebagian wilayah Jawa Tengah. Kabar ini juga memberi angin segar bagi Bandara Kertajati.

"Kertajati kedua terbesar setelah Soekarno-Hatta, ini masih banyak potensi wilayah yang belum terlayani hingga Jawa Tengah, ini pasar," katanya.

Saat ini, pihaknya tengah memaksimalkan pelayanan di BIJB Kertajati, meski pun saat ini ada aktivitas di bandara yang terletak di Majalengka itu belum maksimal karena terbentur pandemi.

"Kami dari pemerintah selalu berupaya memaksimalkan dengan keterbatasan yang ada. Kami tidak tinggal diam. Tapi faktor ini - namanya hubungan dagang antara konsumen dan pelayanan, tentu keputusan ada dikonsumennya. Konsumen akan memilih mana yang mudah, mana yang nyaman," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan ruas tol ini sangat krusial dan ditunggu masyarakat. Tol Cisumdawu, ujar Basuki, akan mendukung akses ke Bandara Kertajati.

"Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo. Saya berharap dengan penandatanganan kontrak ini, Tol Cisumdawu dapat dioperasikan pada 2021 sebagai dukungan agar Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (5/1/2021).

Basuki pun menginstruksikan kepada pihak kontraktor pelaksana untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

"Untuk kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero) yang bekerja sama dengan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola jalan tol ruas Cisumdawu harus langsung bekerja dan dalam dua minggu ke depan saya akan memantau progresnya di lapangan," ujarnya.

(yum/hns)