Jokowi Resmikan Tol Kayu Agung-Palembang 42,5 Km

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 11:07 WIB
Sejumlah lubang ditemukan di ruas tol Trans Sumatera di Palembang-Kayu Agung. Para pengendara pun harus berhati-hati saat melintasi jalan tol tersebut.
Foto: Raja Adil Siregar/Detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km. Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Tol yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol ini meliputi panjang keseluruhan 111,7 km.

"Alhamdulillah jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung dan siap untuk digunakan pada hari ini," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di persemaian tol tersebut, ditayangkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Pada kesempatan itu, dirinya mendapat penjelasan dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengenai tol yang diresmikan hari ini.

"Saat ini yang Bapak berkenan untuk meresmikan adalah tahap pertama dari Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km, dari keseluruhan panjang jalan sepanjang 111,7 km. Ini dikerjakan oleh Waskita Karya," kata Danang menjelaskan kepada Jokowi.

Danang menjelaskan tol ini bukan merupakan proyek yang bersifat penugasan dari pemerintah. Jadi, tantangan pembangunannya disebut cukup besar, baik dari sisi kelayakan bisnis maupun dari sisi teknis.

"Di mana dari 42,5 km ini, 22 km itu berada di atas tanah rawa yang membutuhkan proses teknologi vacuum untuk perbaikan tanah dasar," tambahnya.



Simak Video "Ibu-Anak 'Telantar' di Tol Trans Sumatera, Diduga Ribut dengan Suami"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ang)