Tol Manado-Bitung Ditargetkan Beroperasi Penuh Tahun Ini

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 30 Jan 2021 08:45 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (29/9/2020) lalu. Tol tersebut meliuk di antara bukit di Sulawesi Utara.
Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu/Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta -

Tol Manado-Bitung ditargetkan beroperasi penuh tahun ini. Saat ini proses pembangunan masih berlangsung.

"Pembangunannya masih berlangsung khususnya pengerjaan lanjutan yang ke arah Bitung," kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono dikutip dari Antara, Sabtu (30/1/2021).

Progres pembangunan tol terpanjang di Sulawesi itu terus dikoordinasikan dengan PT Jasamarga Manado-Bitung sebagai pelaksanaan proyek.

"Targetnya operasional penuh pada tahun ini, karena prinsipnya tidak ada lagi kendala berarti. Seperti menyelesaikan pembebasan lahannya, secara paralel konstruksinya juga terus dilakukan," sebutnya.

Kehadiran Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer (km) itu akan memberikan manfaat jamak untuk Sulut. Di antaranya pembukaan akses permukiman, jasa perdagangan, pariwisata, kawasan industri dan manfaat lanjutan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Tentu diharapkan penyelesaian pembangunan tol ini sesuai target, tahun ini bisa dioperasionalkan," ujarnya.

Salah satu langkah adalah dengan melakukan percepatan pembangunannya karena beberapa waktu lalu melambat akibat musim hujan dan personel lapangan terkena COVID-19.

"PT Jasamarga terus bekerja maksimal, tetap semangat sehingga pembangunan tol ini berjalan terus," harap Triono.

(ara/ara)