Menteri PUPR Mau Perbaiki 38 Jembatan Tua Sepanjang 2021

Robby Bernardi - detikFinance
Minggu, 07 Feb 2021 22:33 WIB
Jembatan jalur Pantura di Rembun, Kabupaten Pekalongan, Jateng, ambles pada Kamis (4/2) malam. Kendaraan roda 4 untuk sementara dialihkan masuk jalur tol atau jalur alternatif.
Foto: Robby Bernardi
Kabupaten Pekalongan -

Menteri Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Muljono, menyebut ada 38 jembatan tua di Pulau Jawa yang akan dibangun baru di Tahun 2021 ini. Salah satunya termasuk jembatan Rembun A, yang belum lama ini ambles.

Hal tersebut dikatakan Basuki Hadi Muljono, saat meninjau pembangunan jembatan Rembun A, pada Minggu siang (07/02).

Menurut Basuki, pembangunan jembatan baru tersebut bertujuan untuk menganti jembatan lama yang rusak atau sudah tidak layak digunakan karena termakan usia.

"Ini yang setipe dengan ini (Jembatan Rembun A), di Jawa ada 38, kita sedang memprogramkan untuk diperbaiki semua, diganti," kata Basuki Hadi Muljono.

Dijelaskan Basuki, 38 jembatan di Jawa tersebut, dibuat tahun 1970 hingga Tahun 1980.

"Jembatan dibangun antara tahun 70-80, ini sendiri (jembatan Rembun A), dibangun tahun 1977," kata Basuki.

Sementara itu, terkait Jembatan Rembun A sendiri, Basuki, menambahkan, pembangunan jembatan baru dipastikan akan selesai dalam kurun waktu 45 hari.

"La ini kita programkan, jembatan penggantinya sudah datang, gelagarnya, kerangkanya sudah datang, tinggal bongkar, terus pasang," kata Basuki.

"Saya minta dipercepat, programnya 45 hari tapi itu bisa dipercepat," imbuh Basuki.

Sebelumnya, diberitakan, Jembatan Rembun A di Kabupaten Pekalongan, yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Kamis malam (04/01), ambles. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Warga langsung mengentikan laju kendaraan yang menuju ke arah Pemalang.

Amblesnya Jembatan A Rembun sepanjang 50,6 meter, lebar sekitar 6 meter, tersebut dibangun tahun 1977. Faktor umur, menjadi penyebab utama putusnya jembatan ini.



Simak Video "Sekuriti Toko Emas Perampas Uang Setoran Rp 425 Juta Dibekuk, Kaki Didor!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)