Momen Basuki Serahkan Peresmian Flyover Purwosari Solo ke FX Rudy

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Sabtu, 13 Feb 2021 13:15 WIB
Basuki Serahkan Peresmian Flyover Purwosari ke FX Rudy
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian Flyover Purwosari Solo. Namun kedatangannya hanya untuk mendampingi Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo meresmikan proyek yang bersumber dana APBN itu.

Basuki secara khusus menyerahkan seluruh acara peresmian hari ini kepada Rudy. Sebab hari ini bertepatan dengan ulang tahun Rudy ke-61 sekaligus menutup masa jabatan Rudy yang habis pada 17 Februari 2021.

Dalam kesempatan itu, Rudy memberikan sambutan sebelum meresmikan. Dia juga yang menandatangani prasasti peresmian flyover tersebut.

"Ini kenangan yang terindah yang diberikan Bapak Menteri, Bapak Gubernur. Karena pada saat ini bertepatan dengan tanggal lahir saya. Paling tidak saya mengenang bahwa flyover diresmikan 13 Februari, genap usia saya 61 tahun," kata Rudy dalam sambutannya, Sabtu (13/2/2021).

Sementara itu, Basuki menceritakan bahwa seharusnya peresmian dilakukan pada Rabu (10/2/2021). Namun saat itu dia mendadak harus mengikuti rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sudah sampai Cirebon pulang lagi karena harus mengikuti sidang kabinet bersama Bapak Presiden. Beliau tanya kapan flyover (Purwosari) diresmikan, saya jawab kemarin harusnya, beliau bilang cepet," kata Basuki.

Basuki pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Rudy yang sudah memimpin Solo selama 15 tahun, baik sebagai wali kota maupun wakil wali kota. Basuki menyebut Rudy telah meninggalkan banyak karya pembangunan.

"Karyanya tidak hanya di sini, kita punya Flyover Manahan, Stadion Manahan Bengawan Solo tempo dulu mau dikembangkan jadi banyak sekali. Bahkan beliau komitmen untuk terus mengabdi bagi masyarakat Solo. Mudah-mudahan beliau husnul khotimah dalam menjalankan tugasnya membangun Solo," ujar dia.

Adapun Flyover Purwosari Solo terdiri dari jalan sepanjang 700 meter yang dibagi dua jalur ke timur dan barat. Di bagian timur dan barat terdapat ornamen ilustrasi tari gambyong sebagai simbol selamat datang.

Meski telah beroperasi, masih ada beberapa pekerjaan minor yang harus diselesaikan, antara lain pengecatan ornamen batik dan penyelesaian skate park di bawah flyover sisi barat.

(bai/ara)