Sudah 2021, Apa Kabar Rencana Stasiun Manggarai Gantikan Gambir?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 11:57 WIB
PT KCI mendata adanya penurunan jumlah penumpang KRL. Hal itu terjadi setelah adanya imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan serta kerja dari rumah.
Stasiun Manggarai/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan pernah direncanakan akan menjadi stasiun hub bagi kereta api di Jabodetabek. Dengan begitu, Stasiun Manggarai akan mengambil peran Stasiun Gambir sebagai stasiun yang melayani kereta jarak jauh antar kota.

Rencana ini berembus sejak akhir 2019, targetnya wacana Stasiun Manggarai menggantikan Gambir bisa direalisasikan di tahun 2021 ini. Lalu apa kabar kelanjutan wacana ini?

PT KAI (Persero) sendiri selaku operator stasiun dan kereta api enggan menjawab soal kelanjutan wacana Stasiun Manggarai yang akan menggantikan Stasiun Gambir.

"Mohon maaf, silakan dikonfrmasi ke Kemenhub atau Ditjen Perkeretaapian (DJKA)," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Lebih lanjut Joni mengatakan pihaknya akan mendukung semua program yang dijalankan pemerintah dalam membangun sistem perkeretaapian. Pihaknya juga akan mematuhi kebijakan dan keputusan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian.

"Pada prinsipnya KAI mendukung semua program yang dijalankan oleh pemerintah untuk membangun sistem perkeretaapian yang lebih maju dan lebih baik. KAI mematuhi berbagai keputusan Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian," ungkap Joni.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, pihak Kementerian Perhubungan belum merespons pertanyaan yang diajukan oleh detikcom soal kelanjutan wacana Stasiun Manggarai menggantikan Stasiun Gambir.

Sebelumnya, wacana ini diembuskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia pernah mengungkapkan bahwa Stasiun Manggarai direncanakan sebagai pusat stasiun (central station) tidak hanya KRL Jabodetabek tetapi juga untuk kereta api jarak jauh.

Dengan Stasiun Manggarai sebagai pusat, nasib Stasiun Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta pun akan tergantikan.

"Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi central station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini," tegas Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2