Proyek SPAM Jatiluhur I Senilai Rp 1,7 T Dibangun Agustus 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 14:52 WIB
Kementerian PUPR membangun 3 Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Ilustrasi/Foto: Pool/Dok. Kementerian PUPR

Setelah penandatangan ini, Eko mengatakan, pihak BUP dalam hal ini PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur segera melakukan pemenuhan persyaratan pendahuluan termasuk pemenuhan pembiayaan atau financial close yang direncanakan dari minggu ketiga bulan Februari sampai minggu kedua bulan Agustus 2021.

"Selanjutnya proses konstruksi akan dimulai pada bulan Agustus 2021 sampai dengan Februari 2024, dengan perkiraan konstruksi selama 2,5 tahun," ungkapnya.

SPAM Regional Jatiluhur merupakan proyek KPBU infrastruktur air minum dengan rencana kapasitas 4.750 lpd yang akan melayani Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan DKI Jakarta. Ruang lingkup yang akan dikerjasamakan dengan badan usaha antara lain pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan pengembangan utama.

Nantinya SPAM Regional Jatiluhur I mengirimkan air minum curah sebanyak 4.000 lpd ke DKI Jakarta, sebanyak 300 lpd ke Kota Bekasi, sebanyak 100 lpd ke Kabupaten Bekasi, dan 350 lpd ke Kabupaten Karawang.

Lokasi SPAM yang nilai investasinya Rp 1,7 triliun ini berlokasi di Jawa Barat. Masa konsesi proyek ini selama 30 tahun dengan rincian pengerjaan konstruksi selama 2,5 tahun dan 27,5 tahun masa operasi. Proyek strategis nasional ini mendapat jaminan dari PT PII.


(hek/ara)