Jakarta Dikepung Banjir, Operasional MRT Tetap Normal

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 20 Feb 2021 13:20 WIB
Mulai hari ini, Senin 3 Agustus 2020, MRT melakukan perubahan kebijakan jadwal operasionalnya. Operasional MRT diperpanjang sampai pukul 22.00 WIB.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Operasional MRT Jakarta tetap berlangsung normal meski Jakarta diguyur hujan seharian dan sebagian wilayahnya dikepung banjir. Demikian disampaikan MRT Jakarta dalam keterangan resminya, Sabtu (20/2/2021).

"Sehubungan dengan curah hujan tinggi di wilayah DKI Jakarta yang berlangsung dari malam lalu hingga pagi ini, menyebabkan beberapa ruas jalan dan kawasan mengalami banjir. Meskipun demikian, MRT Jakarta tetap beroperasi normal," tulisnya.

Seluruh stasiun MRT Jakarta Lebak Bulus Grab hingga Bundaran HI, terutama stasiun bawah tanah saat ini tetap dalam kondisi yang aman. Bagi seluruh masyarakat DKI Jakarta yang hendak berpergian menggunakan MRT Jakarta dapat merencanakan perjalanannya secara normal.

Seperti yang telah diketahui, sejak fase desain, stasiun bawah tanah MRT Jakarta telah dibangun dengan pertimbangan pencegahan banjir. Selain itu, koordinasi erat dengan dinas terkait seperti Dinas Bina Marga maupun Dinas Sumber Daya Air terus dilakukan guna mengoptimalkan fungsi drainase jalan.

Setiap stasiun juga telah dilengkapi dengan pompa air dan sumur resapan. Flood gate juga tersedia di setiap pintu masuk stasiun bawah tanah MRT Jakarta, yang mana akan digunakan apabila banjir mencapai lebih dari 1,5 meter dari permukaan jalan.

(eds/eds)