Wusss! Cinere-Serpong Bisa Lewat Tol Mulai April 2021

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 17:38 WIB
Tol Cinere-Serpong
Foto: Tol Cinere-Serpong (Istimewa/dok. Jasamarga)
Jakarta -

Jalan Tol Cinere-Serpong ditargetkan bisa segera beroperasi penuh dalam waktu dekat ini. Khusus untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang dapat beroperasi lebih awal, targetnya awal triwulan II-2021 atau antara April-Mei 2021 mendatang.

Menurut PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere sudah nyaris rampung. Hingga tanggal 23 Februari 2021 lalu, progres konstruksinya telah mencapai 93,93%, sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 98,72%.

"Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21% dan progress konstruksinya telah rampung 100%, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan Jalan Samping atau frontage Road. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35% dan progress konstruksi mencapai 78,904%," ungkap Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari dalam rilis resminya, Jumat (26/2/2021).

Sebelum resmi beroperasi, lebih dulu akan dilakukan tahap uji laik dan fungsi Jalan Tol Cinere-Serpong berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR).

"Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong-Pamulang akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere," tambahnya.

Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.

Jalan tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.

Dengan hadirnya Jalan Tol Cinere-Serpong diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas Tol Serpong-Kunciran).



Simak Video "1 Orang Terluka di Kecelakaan Beruntun Tol Layang MBZ Km 23"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)