Diresmikan Jokowi, SPAM Umbulan Sempat Mangkrak Sejak 1973

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 22 Mar 2021 14:36 WIB
Spam Umbulan
Foto: dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Proyek Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Pasuruan, Jawa Timur akhirnya selesai dibangun. Proyek ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Capaian ini tentu menjadi sejarah, sebab proyek ini sudah lama mangkrak. Bahkan proyek ini sebenarnya sudah direncanakan sejak 1973.

"Alhamdullilah SPAM Umbulan yang telah lama dikerjakan, hari ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," ucapnya saat memberikan sambutan dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/3/2021).

Proyek SPAM Umbulan ini baru dilakukan groundbreaking pada Juli 2017. Saat itu dilakukan oleh Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla.

Proyek ini memiliki nilai Rp 2,056 triliun dengan skema Kerja Sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

SPAM Umbulan memiliki kapasitas mengalirkan air bersih air hingga 4.000 liter per detik. Namun saat ini baru beroperasi dengan menyalurkan 900 liter per detik.

"Artinya masih ada 80% yang harus segera diselesaikan dari pipa utama sampai masuk ke pipa di rumah tangga. Ini pekerjaan besarnya ada di situ," ucapnya.

Jokowi mewanti-wanti, jangan sampai proyek SPAM dengan nilai yang begitu besar tapi tidak bisa bermanfaat secara maksimal untuk masyarakat.

Jokowi pun meminta seluruh pihak yang terkait untuk menggelar rapat dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada minggu ini.

"Saya ini ke lapangan melihat, saya tanyakan bener. Selesaikan secepat-cepatnya. Sehingga apa yang telah kita bangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau PPP ini segera bisa kita selesaikan dan bermanfaat betul-betul bagi masyarakat kita," tutupnya.

(das/eds)