Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 Bisa Dipakai saat Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 15:59 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda
Foto: Dok. Jasa Marga

Ketika kedua seksi akhir tersebut beroperasi akan ada dua gerbang tol baru sebagai akses masyarakat untuk masuk ke Tol Balikpapan-Samarinda, yaitu Gerbang Tol (GT) Manggar yang terkoneksi dengan Jalan Mulawarman dekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, serta GT Karang Joang yang terkoneksi dengan Jalan Soekarno Hatta Km 13.

"Kelancaran progres pembangunan jalan tol ini tak lepas dari dukungan penuh baik dari pemerintah pusat khususnya Kantor Staf Presiden, Kementerian PUPR, Kementerian Badan Usaha Milik Negara serta dukungan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dan masyarakat sekitar jalan tol. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan, sehingga pembangunan jalan tol ini dapat berjalan sesuai rencana," tambahnya.

Sebagai informasi, rampungnya seluruh pekerjaan Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja akan melengkapi 3 seksi dari Tol Balikpapan-Samarinda yang sudah lebih dulu beroperasi pada 2019 lalu.

Secara keseluruhan, Tol Balikpapan-Samarinda memiliki panjang 97,99 km, terbagi menjadi lima seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 km), Seksi I ruas Balikpapan (km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km).

Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran.

Halaman

(toy/ara)