Resmikan Bandara, Ma'ruf Amin Singgung Infrastruktur Langit

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 30 Mar 2021 13:56 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pembangunan infrastruktur menjadi fokus yang akan dilakukan pemerintah. Dia menyebutkan pemerintah akan lebih banyak melakukan pembangunan infrastruktur di darat, laut, dan udara.

Bahkan, dia mengatakan pemerintah juga sedang fokus membangun infrastruktur langit. Menurutnya infrastruktur langit dapat menghubungkan semua daerah di Indonesia secara online.

"Pembangunan infrastruktur jadi program prioritas nasional. Kita ingin bangun infrastruktur di darat, laut, dan udara. Maupun juga infrastruktur langit, itu artinya melalui online," ujar Ma'ruf dalam sambutannya saat peresmian bandara Haji Muhammad Sidik di Kalimantan Tengah, Selasa (30/3/2021).

"Ini adalah infrastruktur online, sehingga bisa dilakukan hubungan yang baik ke semua daerah," katanya melanjutkan.

Masalah infrastruktur langit sendiri memang sering disebutkan oleh pemerintah. Dalam catatan detikcom, infrastruktur langit yang dimaksud adalah mengacu pada proyek Palapa Ring.

Proyek ini sendiri kerap juga disebut sebagai 'tol langit. Palapa Ring merupakan mega proyek infrastruktur jaringan kabel optik yang bakal menyambungkan berbagai wilayah Indonesia. Dengan kehadiran Palapa Ring, koneksi internet diharapkan bakal ngebut layaknya jalan bebas hambatan.

Bila ditarik lebih jauh, infrastruktur langit pun sudah pernah disebut Ma'ruf Amin sejak debat Pilpres medio 2019 lalu. Ma'ruf yang mendampingi JokoWidodo sebagai calon wakil Presiden petahana, saat itu menyebut pemerintah sedang membangun infrastruktur langit yang bisa membuat startup makin menjamur di Indonesia.

"Kebetulan pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit, melalui Palapa Ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha startup, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn," papar Ma'ruf dalam debat Pilpres 2019 silam.

Kembali ke Ma'ruf, dia juga menjelaskan mengapa pembangunan infrastruktur jadi fokus pemerintah. Menurutnya pemerintah mau mengimplementasikan kesatuan Indonesia dalam arti geografis, maksudnya dia ingin semua daerah di Indonesia bisa saling terhubung.

"Kita wujudkan tidak hanya kesatuan politik, kesatuan negara atau bangsa. Tapi, kesatuan dalam arti geografis juga, yaitu agar seluruh wilayah RI bisa terkoneksi dan terakses jadi satu kesatuan konektivitas.

Dengan adanya infrastruktur, Ma'ruf juga menilai hal ini dapat mendorong perekonomian di daerah. Maka dari itu pembangunannya dilakukan secara masif.

"Kesatuan itu kita harapkan juga dalam arti kesatuan ekonomi. Agar seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada bisa terbangun ekonominya oleh infrastruktur," ungkap Ma'ruf.

Tonton juga Video: Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Kuabang di Halmahera Utara

[Gambas:Video 20detik]



(hal/eds)