Mau Jajal Kereta Bandara Rasa KRL? Cek di Sini Jadwalnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 14:35 WIB
Kereta Bandara sekarang memiliki fasilitas KAI Bandara Premium dengan harga yang lebih murah dibandingkan kereta eksekutif sebelumnya. Kereta tersebut diujicoba hari ini.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Layanan kereta bandara premium mulai diuji coba hari ini. Kereta ini merupakan layanan baru dari PT Railink dengan penyesuaian peta atau denah tempat duduk dan tarif pada jadwal keberangkatan tertentu.

Plt Direktur Utama PT Railink Anggoro Triwibowo mengungkapkan ada 10 jadwal keberangkatan setiap harinya. Sedangkan untuk kereta eksekutif ada 30 jadwal keberangkatan.

"Kita akan evaluasi secara berkala, disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan," kata Anggoro di stasiun BNI City, Kamis (1/4/2021).

Jadwal keberangkatan kereta bandara premium dari Stasiun KAI Bandara Manggarai pukul 06.07 WIB, 08.37 WIB, 11.07 WIB, 13.37 WIB dan 16.07 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta pukul 07.19 WIB, 09.49 WIB, 12.19 WIB, 14.49 WIB.

Anggoro mengatakan untuk mendapatkan karcis KAI Bandara Soekarno Hatta kelas premium ini hanya berlaku untuk pembelian di channel offline melalui Vending Machine, POS, serta online channel melalui Website dan Mobile Apps, tidak berlaku channel pembelian melalui B2B, Tap & Go, MPOS dan Reduksi atau corporate member.

Dia menyebutkan operasional KA Bandara ini diikuti dengan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Kemudian Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

Anggoro menyebutkan pada kereta bandara Premium ini PT Railink melengkapi 6 jendela darurat yang dapat dibuka dengan cara dipecahkan dan posisinya ada tiga tempat untuk satu sisi di dalam kereta yaitu di kedua ujung dan tengah.

"Adanya layanan kelas baru ini diharapkan bisa memberi pilihan bagi pelanggan serta semakin meningkatkan minat masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum sebagai penunjang mobilitas sehari-hari," tambah dia.

(kil/eds)

Tag Terpopuler