Walah! Proyek Tol Yogya-Solo 'Nabrak' Lahan Situs Harta Karun

Achmad Syauqi - detikFinance
Rabu, 07 Apr 2021 15:01 WIB
Kompleks rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek jalan tol Yogya-Solo
Foto: Achmad Syauqi/detikcom: Komplek rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek jalan tol Yogya-Solo
Klaten -

Komplek rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek tol Yogya-Solo. Lahan parkir di rumah situs berisi kisah penemuan harta Karun Mataram Kuno itu dipasang patok proyek.

"Untuk rumah situsnya bangunannya tidak kena, yang kena lahan parkirnya saja," ungkap Sekretaris Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Cahyoko pada detikcom di kantornya, Rabu (7/4/2021) siang.

Menurut Cahyoko, meskipun lahan parkir terkena, tetapi bangunan rumah situs berisi kisah penemuan puluhan kilogram perhiasan dan uang emas aman. Lokasi lahan tempat harta karun ditemukan juga aman.

Secara keseluruhan, jelas Cahyoko, di desanya lahan yang terkena proyek tol luasnya hampir 3,5 hektare. Lahan seluas itu mencakup 65 bidang. Sosialisasi sudah dua kali dilakukan, tapi warga sampai saat ini belum menerima informasi berapa persis yang kena dari 65 bidang itu.

Cahyoko menjelaskan di awal lokasi peta lahan tol bergeser ke timur sehingga rumah situs tetap aman meskipun lahan parkir kena.

"Gambar kedua juga tidak kena tapi untuk lokasi penemuan sempat bergeser sebab ada rumah warga kena terasnya. Untuk lokasi temuan insyaallah aman," terang Cahyoko.

Rumah situs itu, sambung Cahyoko, saat ini akan terus dikembangkan dengan dana desa. Awalnya akan dibuat museum tetapi terkendala benda aslinya yang tidak ada.

"Untuk membuat museum tidak mungkin karena bendanya ada di museum Jakarta, replika juga susah. Akhirnya dibuatlah rumah situs dengan menempel foto perhiasan tersebut," terang Cahyoko.

Kompleks rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek jalan tol Yogya-SoloKompleks rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek jalan tol Yogya-Solo Foto: Achmad Syauqi/detikcom: Komplek rumah situs Wonoboyo di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten tertabrak proyek jalan tol Yogya-Solo

Staf Satker Pelaksana Jalan bebas hambatan tol Yogya-Solo, Cristian Nugroho membenarkan proyel tol Yogya-Solo melewati lahan parkir di rumah situs Wonoboyo.

"Iya, yang kena lahan parkirnya. Lokasi situs tempat penemuan aman," ungkap Cristian pada detikcom di ponselnya.

Pantauan detikcom di lokasi, patok bambu bercat merah putih terpasang di pintu masuk rumah situs. Selain itu, di lahan sawah sisi selatan rumah situs yang jadi lokasi temuan harta karun juga dipatok.

Sebelumnya diberitakan, temuan perhiasan puluhan kilogram emas di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten pada tahun 1990 silam masih menyisakan banyak cerita. Untuk mengenang temuan perhiasan emas tersebut oleh enam orang petani, dibangun monumen dan rumah situs di lokasi penemuan.

Kades Wonoboyo, Supardiyono mengatakan awalnya pihaknya akan membuat museum. Tapi ternyata tidak bisa, karena tidak mungkin menghadirkan perhiasan emas temuan warganya itu yang kini disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

"Kita bangun rumah situs bukan museum sebab museum harus ada barangnya tetapi rumah situs bisa sekadar informasi. Informasi jika ada temuan harta itu Wonoboyo," kata Supardiyono kepada detikcom, Selasa (28/7/2020).

Simak video 'Deretan Proyek Infrastruktur Jokowi yang Mandek Gegara Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)