Duh! Pengusaha Sebut Proyek Infrastruktur Jokowi Bisa Mubazir

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 12:23 WIB
Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di kawasan Cigondewah terus dikebut. Begini penampakan terkininya!
Foto: Wisma Putra

Menurutnya, ada infrastruktur yang sukses dibangun di Indonesia bersama dengan sentra-sentra ekonominya. Infrastruktur itu adalah distrik Kuala Kencana di Kota Timika, Papua. Kuala Kencana adalah kawasan yang dibangun bak kota modern, yang diresmikan sejak tahun 1995.

Kuala Kencana dibangun dan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit (RS), pasar, dan sebagainya sehingga menciptakan sentra ekonomi. Menurutnya, Kuala Kencana harus dicontoh pemerintah dalam membangun infrastruktur.

"Ini menurut saya Pak Soeharto memberikan contoh kepada kita, bagaimana cara membangun kota. Pertanyaan saya, selama 25 tahun berganti-ganti presiden ini, sudah beberapa kali berganti presiden, kita ini asik saja membangun infrastrukturnya, tetapi tidak membangun industrinya," ujar Andi.

Oleh sebab itu, ia berharap ke depannya proyek yang diberikan BUMN kepada vendor lokal harus dilengkapi dengan perencanaan lengkap, sehingga bisa memberikan manfaat. Dengan demikian, BUMN yang sudah mengeluarkan anggaran besar-besaran untuk membangun infrastruktur tersebut bisa memperoleh pemasukan, dan tak lagi terlambat melunasi pembayaran kepada vendor lokal.

"Kalau ini jalan, multiplier effect ke pengusaha lokal ini sangat baik. Tapi lagi-lagi kami berharap siapapun partner BUMN yang terlibat supaya memperhatikan pembayaran ke teman-teman pengusaha agar tidak terlambat bayarnya," tutup Andi.



Simak Video "Deretan Proyek Infrastruktur Jokowi yang Mandek Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(vdl/ang)