Pelototi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Luhut: Setiap 3 Bulan Kita Cek!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 12 Apr 2021 16:27 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjuan ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Keduanya tiba di Depo Kereta Cepat Tegalluar sekitar Pukul 10.00 WIB, Senin (12/4/2021).
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dalam kunjungannya itu, dia meminta agar proyek ini bisa diselesaikan sesuai target di tahun 2022. Luhut mengatakan dirinya akan melakukan evaluasi dan pengecekan rutin selama 3 bulan sekali agar pengerjaan bisa selesai tepat waktu.

"Setiap 3 (tiga) bulan kita akan melakukan evaluasi serta pengecekan dari kemajuan pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung sehingga pengerjaannya tepat waktu," kata Luhut dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

Kunjungan Luhut sendiri berfokus pada pembangunan Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Di Tegalluar, Luhut juga meninjau depo angkutan rel, dan fasilitas track laying Tegalluar.

Luhut sempat meninjau proses track laying atau pemasangan rel. Pada fasilitas ini, rel yang tiba dari depo angkutan rel Tegalluar diluruskan untuk selanjutnya dilakukan tes uji. Setelah itu rel akan disambung menjadi sepanjang 500 meter dengan sistem las, awalnya satu bagian rel hanya sepanjang 50 meter.

Setelah proses selesai, rel-rel yang sudah disambung itu diberangkatkan dari track laying facility menuju lokasi pemasangan rel di trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang dikerjakan oleh PT KCIC berjalan secara paralel. Selain pembangunan jalur kereta, pembangunan stasiun dan sarana penunjang lainnya juga menjadi target yang akan diselesaikan pada tahun 2022.

Dalam kunjungannya, Luhut didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri II Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga ikut melakukan peninjauan proyek kereta cepat, melalui akun Instagramnya mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung bakal selesai di tahun 2022.

"TAHUN 2022 Kereta Cepat Jakarta Bandung akan selesai," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil di Instagram @ridwankamil Senin (12/4/2021).

Mantan walikota Bandung itu pun menjelaskan setelah pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung rampung maka diharapkan bisa dilanjutkan sampai Bandara Kertajati. Hingga kini proses pengerjaannya sudah mencapai 70%.

"Progres sudah sekitar 70-an persen. Semoga selesai sesuai jadwal dan bisa terus lanjut kereta cepat ini di tahap 2 ke Bandara Kertajati," kata Kang Emil.

(hal/zlf)