Mudik Dilarang, Bandara YIA Pangkas Jam Operasi

Jalu Rahman Dewantara - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 17:16 WIB
Bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) telah beroperasi meski pembangunannya belum rampung seutuhnya. Begini kondisi terkini bandara yang terletak di Kulonprogo tersebut.
Foto: Istimewa/Kementerian Perhubungan
Jakarta -

PT Angkasa Pura I akan memangkas jam operasi di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo selama masa larangan mudik Lebaran 2021. Jam operasional YIA yang pada waktu normal bisa mencapai 12 jam bakal berkurang separuh dari durasi tersebut.

Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan rencana pemangkasan jam operasional di YIA muncul karena pihaknya melihat kebijakan peniadaan mudik bakal berpengaruh terhadap traffic penerbangan di bandara ini, di mana jumlah penumpang akan menurun signifikan.

"Kebijakan ini pasti berpengaruh dengan traffic di YIA, jadi kita harus sesuaikan jam operasionalnya," ujar Pandu saat dihubungi Jumat (23/4/2021).

Merealisasikan rencana itu, pengelola bandara sudah menggelar rapat dengan seluruh maskapai terkait tindak lanjut atas kebijakan pemerintah pusat yang meniadakan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021. Peniadaan mudik sebelumnya telah diatur dalam Addendum Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021, tentang pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Dalam rapat itu pihak maskapai diminta kejelasannya apakah selama masa peniadaan lebaran bakal tetap beroperasi atau tidak di YIA. Jika masih beroperasi besar kemungkinan jumlah penumpang yang dilayani sedikit, karena maskapai hanya mengakomodasi penumpang khusus yang diizinkan sesuai dengan yang diatur dalam SE Nomor 13 tahun 2021.

"Karena itu kami berencana mengurangi jam operasional YIA dari yang sebelumnya sampai malam, besok cuma sampai siang. Misal maskapai Garuda telah mengajukan penerbangan rute Jakarta pada pagi, siang dan malam, nah seluruhnya itu akan di-reschedule dan diajukan siang hari," ujar Pandu.

Pandu mengatakan untuk saat ini hasil rapat pemangkasan jam operasi YIA selama masa larangan mudik masih menunggu keputusan dari masing-masing head office maskapai. Keputusan akan keluar paling lambat 1 Mei 2021. Jika setuju dengan rencana ini, maka pemangkasan jam operasional bakal diberlakukan pada 6 Mei 2021.

"Nanti tanggal 1 Mei kita kumpulkan lagi maskapai untuk memastikan ini," ujarnya.

Sekadar pengetahuan YIA beroperasi selama 12 jam sejak pukul 07.00-19.00 WIB. Per harinya rata-rata penerbangan di bandara ini mencapai 40 kali pulang pergi. Adapun total jumlah penumpang baik keberangkatan dan kedatangan berkisar 4.000 per hari. Jumlah itu bisa bertambah jika memasuki momen libur panjang.

(hns/hns)

Tag Terpopuler