Tol Tangerang-Merak Nyambung ke Rangkasbitung September 2021

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 17:03 WIB
Proyek tol Serang-Panimbang setop sementara
Tol Serang-Panimbang/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Toll Road Business Group Astra Infra menyebut pihaknya telah memenangkan tender pengelolaan Jalan Tol Serang-Panimbang seksi I yaitu ruas Junction-Walantaka-Rangkasbitung.

CEO Astra Infra Solution, Ega N Boga mengatakan ruas tol Serang-Panimbang seksi I akan beroperasi antara bulan September atau Oktober 2021.

"Berdasarkan update WSP diharapkan tahun ini September-Oktober memulai untuk Seksi I, sampai Rangkas," kata Ega dalam media gathering virtual, Senin (3/5/2021).

Jalan Tol Serang-Panimbang di provinsi Banten terbentang sepanjang 83,77 kilometer (km) dan terdiri dari tiga seksi. Seksi I dari Junction-Walantaka-Rangkas Ritung, seksi II Rangkas Bitung-Cileles, kedua seksi ini memiliki panjang 50,677 km, dan seksi III dari Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

Seksi I dan II dibangun oleh konsorsium Wika Serang Panimbang Toll Road, yang terdiri dari PT Wijaya Karya (Persero), PT PP (Persero), serta PT Jababeka Infrastruktur. Sedangkan seksi II dibangun oleh pemerintah dengan dana APBN pinjaman dari China.

CEO Tollroad Business Group Astra Infra, Kris Ade Sudiyono mengatakan seksi I Jalan Tol Serang-Panimbang akan terhubung atau terkoneksi dengan tol Tangerang-Merak.

"Seksi I yang terhubung dengan Tangerang-Merak," ujarnya.

Meski mau dioperasikan, dirinya mengaku masih belum mengetahui besaran tarif yang akan diterapkan pada seksi I Tol Serang-Panimbang.

"Kita masih menunggu tarif dari Serang Panimbang, konsepnya terintegrasi, sistem pertarikannya mungkin tertutup berdasarkan kilometer, kita masih tunggu dari Kementerian PUPR," ungkapnya.

Lihat juga Video: Marak Aksi Pelemparan Batu dari JPO Tol Tangerang-Merak

[Gambas:Video 20detik]



(hek/ara)