Bandara Sepinggan-Ibu Kota Baru Cuma 30 Menit Naik Kereta di 2030

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 16:51 WIB
Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara disebut sebagai lokasi Ibu kota baru. Pemilihan lokasi ini diduga karena di Sepaku banyak lahan negara.
Lokasi Ibu Kota Baru/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut waktu tempuh kereta api Bandara Sepinggan-Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) di ibu kota baru harus bisa ditempuh selama 30 menit di 2030. Angka tersebut jauh lebih cepat dari hasil kajian 50 menit.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan perubahan target tersebut sesuai permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Sudah terukur bahwa koneksi transit dengan lingkungan sekitar atau bandara terdekat itu sekitar 50 menit, namun disampaikan juga arahan bapak Presiden dan Menteri Perhubungan lebih cepat lagi menjadi 30 menit," kata Zulfikri dalam webinar Sistem Transportasi Cerdas di Ibu Kota Negara, Selasa (25/5/2021).

Mengenai waktu tempuh di pusat inti pemerintah, Zulfikri mengatakan hanya menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit.

"Sementara di dalam KIPP sendiri, bisa mengakses pusat kegiatan KIPP 10 menit, ini sangat tergantung dengan teknologi yang akan kita gunakan," katanya.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, Zulfikri mengaku akan membahas lebih jauh lagi mengenai teknologi yang akan diadopsi. Teknologi ini harus sesuai dengan visi ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai kota cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

"Artinya dari Bandara Sepinggan-KIPP 30 menit, ini yang menjadi kita perlukan rekayasa kembali dengan teknologi apa yang memenuhi jarak yang ada untuk bisa dilayani dengan waktu 30 menit," ungkapnya.

Lihat juga Video: Jokowi Bertemu 7 Asosiasi Profesi Bahas Ibu Kota Baru, Ini Hasilnya

[Gambas:Video 20detik]



(hek/ara)