Berlaku di 40 Ruas, Kapan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Setop?

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 28 Mei 2021 22:38 WIB
Bayar Tol Tanpa Setop
Ilustrasi/Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Sebanyak 40 ruas jalan tol tanah air bakal menerapkan teknologi pembayaran nirsentuh atau tanpa setop di gerbang tol (GT). Transaksi nisentuh ini biasanya disebut Single Lane Free Flow (SLFF) maupun Multi Lane Free Flow (MLFF).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol akan mulai menguji coba sistem transaksi tol nirsentuh baik SLFF maupun MLFF pada kuartal II atau III-2021.

"Tahun ini akan dimulai konstruksi, instalasi dari sensor dan gantry sehingga harapannya teknologi MLFF pada kuartal II atau kuartal III tahun ini sudah bisa mulai diuji coba untuk 50 persen dari seluruh gardu tol yang ada di Indonesia," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Depok, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Jumat (28/5/2021).

Menurut Danang, saat ini Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF sedang menyusun sistemnya.

"Tahun ini fokus kami terkait MLFF untuk konstruksinya dan juga membuat kesepakatan komersialnya dengan badan-badan usaha jalan tol (BUJT) karena yang akan membiayai sistem MLFF ini adalah badan usaha lainnya, sehingga tidak ada pembebanan biaya tambahan kepada masyarakat," katanya.

BPJT juga akan menyelesaikan pengaturan bisnis antara Badan Usaha Pelaksana Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis MLFF dengan BUJT.

Terkait ruas-ruas tol yang akan diimplementasikan MLFF secara bertahap, Danang menyampaikan bahwa hal tersebut akan terus dievaluasi. Kemungkinan besar di daerah-daerah perkotaan, seperti di Jabodetabek maupun di Surabaya.

"Ini terus kita evaluasi mana yang paling siap, karena penetrasi telepon cerdas itu banyak di kota-kota besar dan sinyal Internetnya bagus dan terjaga. Barangkali kita akan mulai di kota-kota besar," ujar Kepala BPJT tersebut.

Dengan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), untuk implementasi tahap pertama teknologi MLFF diterapkan di 40 ruas tol di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali pada 2022.

Jika penerapan MLFF ini akan diberlakukan sepenuhnya maka pengguna jalan tol perlu mengunduh aplikasi untuk sistem transaksi tol nirsentuh di ponsel masing-masing.

Ruas tol mana saja yang akan diuji coba transaksi tanpa setop? Langsung klik halaman berikutnya.