Bandara Jendral Besar Soedirman Siap Operasi

Vandi Romadhon - detikFinance
Minggu, 30 Mei 2021 17:38 WIB
Progres pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba Purbalingga Jawa Tengah Per 10 Januari 2021 baru mencapai 83,8350%.
Foto: Dok. Humas Pemkab Purbalingga
Purbalingga -

Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga Jawa Tengah akan mulai melayani penerbangan komersial pada Kamis (3/6/2021). Maskapai Citilink siap melayani penumpang di rute Purbalingga-Jakarta (PP) dan Purbalingga-Surabaya (PP).

"Semua sudah siap. Pengaktifan operasionalisasi akan dilaksanakan Selasa (1/6/2021). Jumat kemarin juga sudah dilaksanakan simulasi pemberangkatan. Penerbangan komersial akan dilaksanakan Kamis (3/6/2021). Insya Allah semuanya akan berjalan lancar," Kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau kesiapan Bandara Soedirman, Minggu (30/5/2021).

Tiwi mengatakan Citilink di tanggal 3 Juni 2021 sudah bisa mengudara di Bandara JB Soedirman, Maskapai tersebut juga akan membawa penumpang dari Purbalingga menuju Jakarta dan Surabaya serta sebaliknya.

"Mudah-mudahan bandara ini bisa menggeliatkan perekonomian di Jateng bagian barat selatan, khususnya Purbalingga dan wilayah sekitarnya," Katanya.

Sementara Station Manager Citilink di Bandara Soedirman, Muhamad Mulyanudin dalam kesempatan yang sama menyampaikan persiapan menjelang penerbangan komersial perdana sudah sesuai dengan schedule yang diajukan ke PT Angkasa Pura (AP) II dan Lanud.

" Untuk penerbangan perdana tingkat penjualan tiket sudah mendekati 50 persen," Jelasnya

Menurutnya Citilink melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya seminggu dua kali. Masing-masing pada hari Kamis dan Sabtu.

"Saat ini seminggu baru dua kali yaitu Rute Surabaya-Purbalingga pukul 09.30-11.05, Purbalingga-Jakarta pukul 11.50-13.10, Jakarta-Purbalingga pukul 13.40-14.50 dan Purbalingga-Surabaya pukul 15.15-16.50," tambahnya.

Dia menambahkan jika memang animo penumpang tinggi, tidak menutup kemungkinan frekuensi jadwal penerbangan akan ditambah.

"Kita lihat ini dulu, nanti kalo animo penumpang tinggi, tidak menutup kemungkinan frekuensi ditambah," Pungkasnya

(dna/dna)