Mau Dijajal Jokowi, Begini Progres Konstruksi LRT Jabodebek

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 09 Jun 2021 07:30 WIB
LRT Jabodebek, Dukuh Atas
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan meninjau proyek LRT Jabodebek. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan terakhir pada proyek LRT kemarin.

"Sore ini saya melakukan pengecekan terakhir menyambut besok kedatangan bapak Presiden ke proyek LRT," tuturnya di di Stasiun LRT TMII, Selasa (8/6/2021).

Budi mengatakan sarana-prasarana LRT Jabodebek sudah selesai dan diharapkan bisa beroperasi tahun depan.

"Harapannya dioperasikan tahun depan. Sebenarnya sarana-prasarana sudah selesai, akan tetapi kita secara konservatif ingin mempersiapkan diri dengan uji dinamis. Kita ingin keselamatan menjadi satu hal yang penting untuk angkutan massal," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Operasi II Pundjung Setya Brata juga pernah menyampaikan bahwa LRT Jabodebek akan mulai bisa dijajal pada Juli 2022. Pundjung juga menjelaskan secara penuh realisasi konstruksi proyek LRT Jabodebek per 28 Mei 2021 adalah 84,76%.

"Jadwal commercial operation-nya di Juli 2022. Secara komersial akan dioperasikan secara serentak, tidak jalur per jalur," ungkap Pundjung kepada detikcom, Jumat (4/6).

Pundjung memaparkan pihaknya sudah menguji coba 25 trainset alias rangkaian kereta. Totalnya, LRT Jabodebek sendiri akan mengoperasikan 31 trainset. Selain itu, seluruh trainset sedang dalam proses uji coba mulai dari uji coba rolling stock dynamic test hingga integration test dengan prasarana dan fasilitas operasi.

"Kereta yang sudah on site dan uji coba ada 25 trainset, dari rencana total 31 trainset," ungkap Pundjung.

Sebagai informasi, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek memiliki kapasitas angkut 740 orang pada kondisi normal, dan 1.308 penumpang pada kondisi padat dengan konfigurasi 174 penumpang duduk dan 566 penumpang berdiri. Kereta-kereta ini merupakan buatan perusahaan lokal, yaitu PT INKA.

Nantinya, seluruh kereta ini akan mendapatkan tempat parkirnya sendiri yang terletak di Depo Bekasi Timur. Pembebasan lahan untuk depo saat ini telah 100% dengan progres pembangunannya sebesar 44,18%.

Sementara dalam peninjauan yang dilakukan Budi Karya kemarin di Stasiun LRT TMII, ia menggunakan rompi merah dan topi bertuliskan Menhub. Budi Karya pun menyimak penjelasan progres LRT Jabodebek dari Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu Wibowo.

Setelah diberikan penjelasan, Budi Karya menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun LRT TMII sampai Stasiun Harjamukti, Cibubur dan sebaliknya. Budi Karya juga didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Dirut Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson.

Simak video 'Momen Jokowi Jajal LRT Jabodebek: Keretanya Halus, Nyaman Sekali':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)