Giliran Lion Bakal Operasi di Bandara JBS Purbalingga

Vandi Romadhon - detikFinance
Minggu, 13 Jun 2021 22:33 WIB
Bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga resmi beroperasi. Beroperasinya bandara ini diharapkan dapat beri dampak positif bagi ekonomi area sekitar.
Foto: Vandi Romadhon/Detikcom
Purbalingga -

Pada akhir Juni 2021 akan ada penerbangan baru di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Lion Air Group melalui Wings Air telah menyatakan akan membuka rute baru yakni Jakarta - Purbalingga - Semarang dan sebaliknya.

"Pertemuan sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021 direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute Jakarta - Purbalingga - Semarang dan Semarang - Purbalingga - Jakarta," Kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (13/6/2021).

Muhammad Awaluddin menyampiakan dengan akan beroperasinya satu maskapai baru di Bandara JBS dalam waktu dekat, maka bandara itu akan semakin banyak melayani rute penerbangan.

"Dengan bertambahnya rute dari dan Bandara Jenderal Besar Soedirman kami harapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat termasuk mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar." Katanya

Sebelumnya Maskapai yang sudah mulai beroperasi melakukan penerbangan adalah Citilink dengan penerbangan Jakarta - Purbalingga kemudian Purbalingga - Surabaya dan kembali di hari yang sama.

"Penerbangan baru dua kali dalam satu Minggu, yaitu hari Kamis dan Sabtu, sehingga ada 4 kali take off dan landing [pada 1 hari]," Jelasnya.

Pihaknya berterima kasih atas kolaborasi erat seluruh stakeholder sehingga utilisasi dan produktivitas Bandara Jenderal Besar Soedirman terus meningkat, di saat pengembangan bandara masih terus berlanjut.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menuturkan, seluruh pihak harus berkolaborasi dan bersinergi untuk semakin memajukan Bandara Jenderal Besar Soedirman.

"Proses pembangunan bandara ini memiliki sejarah panjang, dirintis sejak 15 tahun lalu dan akhirnya mimpi besar masyarakat Purbalingga memiliki bandara ini pada 1 Juni menjadi kenyataan," Katanya

Menurutnya bandara itu dibuat untuk seluruh masyarakat, dan pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah agar bandara itu semakin berkembang dan penerbangan semakin banyak.

"Mudah-mudahan keberadaan bandara ini sebagai penunjang ke depannya dapat memberikan dampak signifikan, dampak yang baik untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Tengah bagian barat-selatan," pungkasnya

(dna/dna)