Geber Proyek Tol Cisumdawu, Menteri PUPR: Kita 'Keroyok'!

Muhammad Iqbal - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 21:34 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek proyek tol Cisumdawu
Foto: Muhammad Iqbal/detikcom: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek proyek tol Cisumdawu
Sumedang -

Proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) ditargetkan selesai pada Desember 2021. Untuk mengejar target tersebut, pemerintah menyebut akan 'mengeroyok' agar Tol Cisumdawu dapat selesai sesuai target.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan menurunkan tim khusus untuk mengecek hambatan yang terjadi di Tol Cisumdawu. Di Tol Cisumdawu sendiri sebagian sudah bebas namun belum dapat dilakukan konstruksi.

"Termasuk saya tim khususnya, jadi sekarang ini kita 'keroyok' fokus untuk memonitor mana-mana yang ada masalah, kita selesaikan di lapangan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditanyai terkait tim khusus di Sektor 6 Tol Cisumdawu, Desa Ujung Jaya, Sumedang, Jumat (18/6/2021).

Tol Cisumdawu merupakan proyek penting yang akan menghubungkan Bandung ke Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat. Nantinya, jalur ini akan mempermudah akses dari Bandung menuju bandara hanya hitungan satu jam saja.

Basuki menjelaskan, sebelumnya pihaknya bersama Menko Kemaritiman dan Investasi sudah melakukan rapat. Selain itu, pemerintah daerah pun ikut terjun untuk menyelesaikan masalah di Tol Cisumdawu.

"Kemarin sore, rapat di kantor Menko Marves, kita semua ngeroyok, dari ATR bahas pembebasan lahan. Bahkan bapak bupati sudah turun langsung, terimakasih Pak Bupati Sumedang, kemudian Kementerian ATR, Kodim, Polres, semua turun termasuk perhutani," lanjut Basuki.

Langsung berlanjut ke halaman berikutnya.