Soal Nasib Tiang Monorel Jakarta, Adhi Karya Tunggu Perintah Pemprov DKI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 18 Jul 2021 19:00 WIB
Tiang-tiang bekas proyek monorel masih berdiri di kawasan Kuningan dan Senayan Jakarta Selatan. Tiang-tiang itu telah berdiri 16 tahun, di mana pemasangannya dilakukan sejak tahun 2004, namun mangkrak hingga saat ini.
Kondisi Tiang Monorel (Foto: Vadhia Lidyana/detikcom)
Jakarta -

Tiang monorel Jakarta kembali jadi sorotan, kali ini proyek mangkrak tersebut baru saja mengalami pencurian. Viral di media sosial, pencurian besi di tiang pancang proyek monorel Jakarta tertangkap kamera.

Memang, tiang-tiang monorel Jakarta ini bagaikan terbengkalai tak terurus. PT Adhi Karya (Persero) menjadi pemilik aset-aset monorel Jakarta ini. Lalu bagaimana nasib tiang-tiang proyek yang mangkrak ini ke depannya?

Menurut Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto pihaknya masih menunggu kebijakan lanjutan dari Pemprov DKI Jakarta. Apakah proyek ini akan dibongkar ataupun dilakukan pengembangan. Pada prinsipnya, Adhi Karya akan menunggu perintah dari Pemprov DKI Jakarta.

"Kebijakan kami masih sesuai dengan sebelumnya (menunggu perintah dari Pemprov DKI)," kata Farid singkat melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (18/7/2021).

Sebelumnya, Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Pundjung Setya Brata mengatakan pihaknya menunggu perintah dan kajian dari Pemprov DKI Jakarta soal penanganan lebih lanjut dari tiang-tiang monorel Jakarta yang mangkrak.

Namun pihaknya berpendapat bila tiang-tiang tersebut lebih baik dimanfaatkan. Soal dimanfaatkan untuk apa, Adhi Karya terbuka untuk setiap ide yang masuk.

"Kami menunggu perintah dan juga kajian legal yang lebih lanjut, tetapi akan lebih bagus apabila tiang tersebut dapat didaya gunakan. Kami terbuka dengan ide-ide tentang pemanfaatan tiang tersebut," kata Pundjung kepada detikcom, Jumat (23/10/2021).

Kembali lagi ke masalah pencurian besi tiang monorel yang viral, Adhi Karya belum mau bicara banyak. Saat ini, mereka masih akan melakukan pengecekan soal kejadian pencurian yang terjadi dan viral di media sosial.

"Kami cross check ke lapangan dulu," ungkap Farid Budiyanto.

Kejadian pencurian besi pada tiang proyek monorel sendiri diketahui terjadi pada Sabtu kemarin, 17 Juli 2021. Dalam rekaman video yang viral, seorang pria sedang mencoba memotong besi pada tiang proyek dengan gergaji besi.

Dia memotong besi dengan santai meskipun di sekelilingnya banyak kendaraan maupun orang-orang yang lalu lalang. Dalam keterangan video yang viral, disebutkan komplotan pencuri itu ada 3 orang.

Diduga dalam aksinya itu, komplotan pencuri ini berhasil menggasak 6 besi pada tiang pilar monorel yang terbengkalai.

(hal/dna)