Lego Saham Tol Cibitung-Cilincing, Waskita Raup Rp 2,49 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 21 Jul 2021 14:21 WIB
Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) terus berlangsung. Proyek jalan tol tersebut pun ditargetkan dapat beroperasi pada 2021 mendatang.
Foto: Pradita Utama: Pembangunan Tol Cibitung Cilincing
Jakarta -

Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road (WTR) menjual seluruh sahamnya sebesar 55% di PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP). Saham itu dijual kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API) dengan nilai transaksi yang disepakati Rp 2,49 triliun.

CTP adalah pemegang konsesi atas jalan tol Cibitung-Cilincing. Alhasil, setelah transaksi diselesaikan, maka PT API menjadi pemegang saham CTP

Proses jual beli saham antara PT WTR dan PT API telah disepakati lewat Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PPJB). Proses divestasi CTP ini ditargetkan dapat selesai pada Triwulan III Tahun 2021

Direktur Utama WTR, Septiawan Andri Purwanto menjelaskan, bahwa dana yang diterima dari hasil divestasi ini akan digunakan untuk mendukung proses bisnis WTR ke depannya.

"Setelah menandatangani PPJB, kami masih harus melakukan pemenuhan persyaratan administrasi dan memastikan proses divestasi dilakukan dengan mematuhi ketentuan yang berlaku sebelum penandatanganan Akta Jual Beli ("AJB" antara kami dengan PT API," jelas Septiawan dalam keterangannya Rabu (21/7/2021).

Dengan adanya divestasi CTP ini, Waskita diperkirakan dapat menurunkan utang melalui dekonsolidasi hingga Rp5 Triliun. Saat ini Waskita telah sukses melaksanakan divestasi atas 4 ruas jalan tol dari 9 ruas jalan tol yang ditargetkan untuk dilepas kepada investor di tahun 2021 ini.

Penandatanganan PPJB tersebut dilakukan oleh Septiawan Andri selaku Direktur Utama WTR dan Iwan Ridwan selaku Direktur Utama PT API pada hari Rabu, 21 Juli 2021 pukul 10.00 secara daring melalui video conference.

Sebagai informasi, pada April 2021, Waskita telah sukses melakukan divestasi atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) kepada Kings Rings Ltd.

Kemudian pada bulan Juni 2021 lalu, Waskita juga telah berhasil melakukan divestasi atas 40% kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) serta divestasi atas 35% saham WTR pada PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).

Lihat juga video 'Rangkap Jabatan, Ari Kuncoro Harus Pilih Jadi Rektor UI atau Komisaris':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)