Bandara Pattimura Ambon Dapat Penghargaan Dunia, Siapa yang Bangun?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 08:42 WIB
Bandara Pattimura Ambon kini memiliki wajah baru setelah pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang rampung dengan total luasan terminal menjadi 16.090 meter persegi dari sebelumnya seluas 10.270 meter persegi.
Foto: Istimewa/Angkasa Pura I
Jakarta -

Bandara Internasional Pattimura Ambon masuk 3 besar sebagai bandara terbaik di Asia Pasifik. Penghargaan ini diberikan Airport Council International (ACI) dalam penilaian pelayanan bandara Airport Service Quality (ASQ) tahun 2021.

Diketahui, bandara ini dibangun oleh PT Amarta Karya (AMKA). AMKA telah merampungkan proyek Beautifikasi Bandara Internasional Pattimura Ambon. Langkah tersebut sebagai upaya membantu program pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Ini suatu hal yang luar biasa. Karena bandara Internasional Pattimura mendapat penghargaan dari Airport Council Internasional (ACI), dalam penilaian pelayanan bandara Airport Service Quality (ASQ) tahun 2021, yang merupakan bandara kebanggaan masyarakat Ambon khususnya, Maluku pada umumnya," kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, prestasi yang diraih Bandara Internasional Pattimura Ambon menjadi kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, pasalnya Bandara Pattimura meraih peringkat ketiga di Asia Pasifik dengan skor 4,89 untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun, pada triwulan kedua 2021 (April-Juni).

"Bandara Internasional Pattimura Ambon saat ini memiliki wajah baru setelah pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang rampung dengan total luasan terminal menjadi 16.090 meter persegi dari sebelumnya seluas 10.270 meter persegi," ujarnya.

Direktur Utama AMKA Nikolas Agung menuturkan, bahwa infrastruktur bandara sangat penting untuk mendorong sektor ekonomi dan pariwisata serta menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Ambon.

"Selanjutnya adalah masa pemeliharaan dimana kami akan menjaga dan meningkatkan kualitas Bandara Pattimura ambon dengan memberikan best effort dan best practice kepada stakeholders kami," tuturnya.

Nikolas menyatakan, pencapaian ini adalah peningkatan dari peringkat bandara pada triwulan pertama 2021. Saat itu, Bandara Pattimura Ambon menempati posisi ke-8 dengan skor 4,65.

"Prestasi ini tentunya memberikan kebanggaan tersendiri, sebab saat ini Bandara Internasional Pattimura Ambon juga baru diperbaiki. Bandara ini menampilkan wajah baru setelah dilakukan pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang," ujar Nikolas.

Corporate Secretary AMKA Pandhit Seno Aji menambahkan proyek bandara internasional Pattimura Ambon ini menambah portfolio pengalaman PT AMKA dalam dunia pembangunan infrastruktur bandar udara.

"Di mana pada 3 tahun terakhir sebelumnya kami telah merampungkan proyek infrastruktur Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Terminal Cargo Internasional Bandara Juanda Surabaya dan Bandar Sultan Internasional Hasanuddin Makassar. Semua itu merupakan ikhtiar AMKA sebagai BUMN konstruksi untuk berkontribusi secara positif terhadap pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

(fdl/fdl)