Wow! Panjang Jaringan Fiber Optic Telkom Setara 4 Kali Keliling Bumi

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 17:16 WIB
PHILADELPHIA - SEPTEMBER 12:    Fiber optic cable is seen inside the
Foto: ilustrasi kabel optik (Getty Images)
Jakarta -

Digital connectivity menjadi salah satu fokus layanan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Dalam merealisasikannya perusahaan pun melakukan pengembangan yang masif dalam hal kapasitas jaringan komunikasi berbasis fiber optic.

Fokus kerja Telkom di ranah bisnis digital dilakukan melalui tiga domain utama perusahaan yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services. Berbagai produk dan layanan terus dikembangkan perusahaan, seiring dilakukannya peningkatan kualitas secara simultan demi menjamin terpenuhinya berbagai kebutuhan masyarakat.

Sepanjang paruh pertama 2021, Telkom telah mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kualitas layanan di ranah digital connectivity. Pada periode Januari-Juni 2021 Telkom menambah panjang jaringan komunikasi berbasis fiber optic hingga 1.898 km. Sampai dengan akhir Juni 2021, panjang jaringan fiber backbone telah mencapai 169.833 km atau setara 4 kali keliling bumi.

"Dampak positif transformasi digital yang Telkom lakukan tak akan membuat kami berpuas diri. Kami berkomitmen terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan serta produk digital bagi seluruh lapisan masyarakat. Proses ini akan terus berlanjut hingga terciptanya kedaulatan digital Indonesia, yang bisa terwujud apabila sudah meratanya lingkungan digital, terwujudnya masyarakat digital, dan berkembangnya ekonomi digital," kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom, Heri Supriadi pada kegiatan Public Expose Live 2021, Senin (6/9/2021).

Lihat juga Video: Kominfo Sambut Kerja Sama Facebook dan Alita Perluas Fiber Optik

[Gambas:Video 20detik]