Jokowi Resmikan Bendungan Bendo, Bisa Airi 7.800 Hektare Sawah

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 14:15 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ia menjelaskan bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun itu sudah rampung dan siap dioperasikan.

"Saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini dengan mengucap Bsmillahirrohmanirrohim Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa timur siang hari ini saya nyatakan diresmikan," kata Jokowi dalam Live Peresmian Bendungan Bendo, di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

"Bendungan yang dibangun dengan biaya Rp 1,1 triliun memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, dengan luas genangan 170 hektar, serta tinggi bendungan 74 meter," tambahnya.

Jokowi mengungkap Bendungan Bendo akan menjadi penyedia irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga menjadi pemasok air sebanyak 370 liter per detik. Tidak hanya itu, Bendungan Bendo juga disebut bisa mengurangi banjir hingga 31%.

"Bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31% atau sebesar 117,4 meter kubik per detik," jelasnya.

Jokowi pun berpesan agar bendungan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama untuk irigasi sehingga petani bisa meningkatkan produktivitasnya.