Pengumuman! Jokowi Sebut Proyek Penangkal Banjir Jakarta Selesai November

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 15:29 WIB
Presiden Jokowi dan rombongan hendak menuju ke Jawa Timur (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi dan rombongan hendak menuju ke Jawa Timur (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengungkap akan ada 17 bendungan yang diresmikan tahun ini. Termasuk dua proyek penangkal banjir Jakarta, Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang akan diresmikan November 2021.

"Kemudian yang kita dapat selesaikan, Bendungan Ciawi bulan November di Jawa Barat, Bendungan Sukamahi di Jawa barat bulan November," kata Jokowi dalam Live Peresmian Bendungan Bendo, di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Mei lalu, Kementerian PUPR mengungkap Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor menjadi bagian dari rencana induk pengendalian banjir (flood control) Jakarta.

Saat itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis konstruksi Bendungan Ciawi rampung Juli 2021. Namun, nyatanya kedua bendungan itu baru akan diresmikan November mendatang.

Basuki mengungkap ada beberapa tantangan dalam pembangunan proyek kedua bendungan tersebut, yakni pembebasan lahan dan hujan yang kerap terjadi.

"Untuk mengatasinya kami selimuti lahan yang masih dikerjakan saat hujan. Saat tidak hujan baru dipadatkan lagi lapis demi lapis," tutur Basuki, dalam keterangan tertulis, (5/5/2021).

Sementara, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengungkap jika Bendungan Ciawi dan Sukamahi rampung bisa mengurangi banjir Jakarta hingga 24%.

"Bendungan Ciawi dan Sukamahi sebagai bendungan kering akan mengatur mengalirnya debit air di hulu Sungai Ciliwung sebelum ke Bendung Katulampa dan terus ke Jakarta. Dari titik ini diharapkan dapat mengurangi debit banjir hingga 24%," tuturnya.

Bendungan Ciawi direncanakan memiliki volume tampung 6.05 juta m3 dan luas genangan 39.40 hektar. Biaya pembangunannya sebesar Rp 798,7 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya dan PT. Sacna (KSO).

Bendungan ini didesain untuk mengurangi debit banjir yang masuk ke Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendung Katulampa yang kemudian mengalir ke Sungai Ciliwung. Rampungnya pembangunan Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir sebesar 111,75 m3 per detik.

Sedangkan Bendungan Sukamahi, merupakan proyek yang sudah direncanakan sejak 1990-an. Namun, baru dibangun pada 2017 dan akan diresmikan November 2021. Lahan bendungan ini mencapai 46,7 hektare. Kontrak pembangunannya senilai Rp 464,93 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya-Basuki KSO.

Lihat juga Video: Kawasan Muara Baru Jakut Diprediksi Tenggelam pada 2050

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)