Jepang Incar 5 Proyek Pelabuhan di Indonesia, Ini Daftarnya

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 19:45 WIB
Suasana lengang terjadi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Pelabuhan tersibuk se-Indonesia ini ditutup selama satu hari penuh menghormati hari raya Nyepi.
Jepang Incar 5 Proyek Infrastruktur Pelabuhan di Indonesia
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertolak ke Jepang untuk meningkatkan kerja sama dan investasi. Dia mengatakan, ada banyak proyek yang dibicarakan dengan Pemerintah Jepang, salah satunya mengenai proyek-proyek di pelabuhan.

"Dalam konteks Indonesia-Jepang beberapa proyek yang kita kerja samakan cukup banyak dan hal ini menunjukkan perhatian dari Jepang dan kita lihat perkembangannya juga sangat menggembirakan," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/9/2021).

Beberapa proyek pelabuhan yang dibahas dari mulai Pelabuhan Ambon hingga Pelabuhan Batam. Budi mengatakan, di Ambon bagian timur Indonesia akan dibangun pelabuhan perikanan dan kargo.

Sementara itu di Pelabuhan Palembang berkaitan dengan kargo, oil dan gas. Pelabuhan Natuna juga tak lepas dari pembicaraan, di mana akan ada industri perikanan di sana.

"Di Gorontalo pelabuhan yang akan berkolaborasi dengan pertanian, dan Batam ada ide untuk menyatukan pelabuhan yang ada di Batam menjadi satu," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Budi bertemu dengan banyak pihak diantaranya seperti Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang (Minister of Land, Infrastructure, Transportation, and Tourism) AKABA Kazuyoshi, Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Jepang, dan Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda.

"Dan pada kesempatan ini kami meminta dukungan politis agar proyek tersebut berjalan dengan baik, insyaalah dua hari ini memberikan manfaat bagi Indonesia. Yang paling penting adalah bagaimana investasi di RI terus berkembang dan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," pungkasnya.

(dna/dna)