Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Bandara Kertajati?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 12 Sep 2021 12:45 WIB
Bandara Kertajati sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Yuk lihat dari dekat berbagai sisi bandara ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka tak luput dari hantaman pandemi. Sejak didirikan bandara yang satu ini memang belum bisa banyak menarik penumpang. Kini pandemi membuat bandara makin sepi.

Bandara Kertajati sendiri menelan biaya pembangunan sekitar Rp 2,6 triliun dan diresmikan sejak tahun 2018. Namun, sejak saat itu bandara ini tak kunjung menarik banyak penumpang. Akses yang kurang mumpuni dituding jadi penyebabnya.

Direktur Utama BIJB Salahuddin Rafi mengungkapkan kondisi terkini bandara yang diharapkan jadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini. Menurutnya, saat ini kondisi bandara memang sepi, hal itu disebabkan oleh belum bangkitnya permintaan penerbangan di Indonesia.

"Kondisi bandara masih sama, belum ramai, kebangkitan transportasi udara memang belum normal. Pada dasarnya kami operasi tetap. Airline semua siap, pesawat siap," ungkap Rafi kepada detikcom, Minggu (12/9/2021).

"Semua penerbangan itu siap, yang kargo, yang umrah, yang penumpang. Kita tinggal tunggu muatannya ada apa nggak," pungkasnya.

Dia menjelaskan sampai saat ini pun jam operasi bandara ikut dipangkas karena traffic atau lalu lintas penerbangan juga belum padat. Efisiensi ini dilakukan sambil menunggu kebangkitan transportasi udara di Indonesia.

"Kami tetap operasi, cuma jamnya dibatasi dari jam 6 sampai siang, paling jam 3-4 sudah selesai. Traffic juga belum padat ya. Ya sama kayak yang lain, kita efisiensi sambil menunggu kebangkitan transportasi udara," ujar Rafi.

Lanjut ke halaman berikutnya

Tonton juga Sosok Stanve, Jago Matematika Tingkat Dunia Asal Tangerang

[Gambas:Video 20detik]