Tuut Tuut... KA Bandara YIA Mulai Resmi Operasi Besok

Elsa Azzahra - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 14:47 WIB
Jalur kereta api (KA) Bandara YIA di Kulon Progo, DIY, mulai diuji coba. Pengujian dilakukan untuk pastikan kelaiakan jalur sebelum operasional perdana.
Foto: Jalu Rahman Dewantara/Detikcom
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan telah melakukan soft launching KA Bandara YIA pada (27/8/2021) lalu, kini KA Bandara YIA akan beroperasi secara komersial dan akan melayani perjalanan menuju Bandara Internasional Yogyakarta maupun sebaliknya.

Uji coba secara gratis bagi masyarakat umum telah dilakukan sejak 1 September, dan mulai tanggal 17 September 2021 KA Bandara YIA resmi beroperasi secara komersial.

"KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan Pemerintah," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9/2021)

Tarif Tiket yang dikenakan bagi masyarakat jumlahnya bervariasi sesuai dengan rute yang akan dilalui. Seperti, Rp 20.000 untuk rute Yogyakarta - Bandara YIA, Rp 10.000 untuk rute Yogyakarta - Wates, dan Rp 20.000 untuk rute Wates - Bandara YIA.

Jadwal perjalanan yang ada pada KA Bandara YIA sebanyak 8 kali perjalanan per hari, yakni 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA. Dengan kemudahan akses dalam pembelian tiket, masyarakat hanya perlu memiliki aplikasi KAI Access atau dapat melakukan pembelian langsung di loket Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Diperkirakan jarak tempuh menuju Bandara YIA dari Yogyakarta menjadi lebih cepat hanya sekitar 40 menit dengan rata-rata waktu perjalanan menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lain sekitar 1,5 jam.

Selain itu, uji coba yang telah dilakukan bagi masyarakat umum secara gratis dimaksudkan untuk menjaring antusiasme dan masukan bagi masyarakat dalam upaya peningkatan layanan KA Bandara YIA. Terbukti, sebanyakan 3.646 orang jumlah penumpang sampai tanggal 13 September telah melakukan perjalanan dengan KA Bandara YIA.

"Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara," pungkas Zulfikri

Simak Video: DIY Turun Level PPKM, Bandara YIA Catat Pertumbuhan Penumpang saat Weekend

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)