Monumen yang Pernah Dibangun Anies Selain Tugu Sepatu, Biayanya Fantastis!

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 21 Sep 2021 12:14 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama ini berupaya untuk mempercantik Ibu Kota lewat berbagai pembangunan monumen, seperti tugu sepatu. Akan tetapi dalam pelaksanaannya, pembangunan tersebut menuai pro dan kontra hingga terjadi pembongkaran.

Detikcom telah merangkum beberapa tugu atau monumen yang pernah dibuat oleh Pemprov di bawah Anies Baswedan.

1. Instalasi Bambu 'Getah Getih'

Mulanya bambu 'Getah Getih' ini dipasang pada 14 Agustus 2018 di Bundaran HI untuk memeriahkan Asian Games. Namun sayangnya, karya seniman Joko Avianto ini tak mampu bertahan lama.

Biaya yang dikucurkan untuk Bambu 'Getah Getih' ini tidaklah ecek-ecek. Biaya pembangunan instalasi tersebut mencapai setengah miliar tepatnya Rp 550 juta dengan bantuan 10 BUMD DKI.

"Biaya sekitar Rp 550 an (juta) kemudian dikonsorsium oleh 10 BUMN kalau nggak salah," kata Anies kala itu.

Karya seni ini juga menuai kritik dari publik. Umumnya kritik itu datang dari para warganet yang mengisi komentar di akun Instagram Anies. Hingga akhirnya, pada 17 Juli 2019, seni instalasi seharga setengah miliar itu mulai dibongkar.

Pemprov DKI mengungkap alasan instalasi bambu Getah Getih di Bundaran HI dibongkar. Bambu tersebut ternyata sudah mulai rapuh karena faktor cuaca.

"Dilakukan pembongkaran karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh khawatir rubuh," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati kepada detikcom, Kamis, 18 Juli 2019 lalu.

Anies meresmikan instalasi Bambu Getah Getih di HI.Anies meresmikan instalasi Bambu Getah Getih di HI. Foto: Tia Agnes

Tugu apalagi? klik halaman berikutnya.